03 May 2015

Kicau Burung Ramaikan GOR Kebo Iwa

Suasana Gedung Olah Raga (GOR) Kebo Iwa tampak berbeda dari hari – hari biasanya. Kicauan merdu suara burung dan ayam ketawa dari komunitas pecinta burung berkicau serta ayam ketawa yang berasal dari Bali dan luar Bali seperti Malang, Suarabaya dan Jawa Tengah memadati areal GOR Kebo Iwa. Hal ini berkaitan dengan diselenggarakannya Lomba Burung Berkicau dan Ayam Ketawa Bupati Cup VIII di areal GOR Kebo Iwa Gianyar, (3/4).

Ketua Panitia Lomba, A.A. Alit Asmara mejelaskan lomba burung berkicau yang diadakan Komunitas pencinta burung yang tergabung dalam organisasi Pelestari Burung Indonesia (PBI) Cabang Gianyar diikuti oleh peserta dari berbagai daerah dengan jumlah burung hampir 600 ekor.

Ada 4 jenis kelas yang diperlombakan seperti Kelas Bintang untuk burung Punglor Merah, Cucak Hijau A dan B, Cendet, Murai Batu serta Love Bird A dan B. Kelas Executive untuk burung Punglor Merah, Cucak Hijau, Cendet, Murai Batu,Love Bird, Kenari Lokal dan Bebas, Kacer. Kelas Favorit untuk burung Punglor Merah, Cucak Hijau, Love Bird, Kacer dan Cucak Jenggot. Kelas Ring utuk burung Cucak Rowo Ring, Punglor Kembang Ring, Murai Batu Ring dan Kacer Ring. Sementara untuk jurinya sendiri berasal dari PBI Pusat dan Bali.

“Disamping untuk memperingati HUT Ke-244 Kota Gianyar, lomba ini juga dimaksudkan untuk pelestarian burung berkicau dan ayam ketawa di Kabupaten Gianyar dan sekaligus sebagai wadah bagi para pecintanya,” terang Alit Asmara.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Cok. Gde Rai Widiarsa mengatakan, pelaksanaan Lomba Burung Berkicau dan Ayam Ketawa ini sebagai salah satu media promosi pariwisata untuk mengenalkan Kota Gianyar kepada masyarakat luas, karena mampu mendatangkan masyarakat dari Bali maupun luar Bali. Suara burung yang merdu dan suara ayam ketawa yang khas, selain mampu memberi kepuasan tersendiri juga memberikan peluang usaha yang bernilai ekonomis. Faktor inilah yang kemudian mendorong makin maraknya kegiatan hobby memelihara burung berkicau dan ayam ketawa.

“Kegiatan ini nantinya akan lebih mendorong kecintaan masyarakat akan burung berkicau, sehingga nantinya populasi burung yang ada tetap terjaga untuk dapat diwariskan kepada generasi berikutnya,” terang Cok Ra Widiarsa.

Salah satu peserta, Agus Eko Asal Denpasar mengatakan dirinya untuk kali pertamanya mengikuti perlombaan di Gianyar. Namun demikian Agus mengaku sangat puas, karena burung jagoannya jenis Love Bird bernama “Rehana” mampu tampil sebagai juara. Untuk Kelas Bintang tampil sebagai Juara I, sedang untuk kelas Executip/Bupati CUP, gacoan andalannya itu tampil sebagai Juara II.

“Setelah sukses di Gianyar, dalam waktu dekat ini saya berencana membawa Rehana ke Jawa untuk mengikuti perlombaan,” terang Agus. (Humas Gianyar/set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .