11 June 2020

Ketua TP.PKK Gianyar, Ny. Adnyani Mahayastra Tekankan Peran PKK Di Masa Pandemi Covid 19

Penerapan new normal atau tatanan kehidupan baru yang didengungkan oleh pemerintah pusat, tidak harus membuat kita menjadi lengah. Dalam fase new normal, masyarakat tetap diminta menerapkan pola hidup bersih dan sehat PHBS). Seperti menggunakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan memakai sabun hingga tetap menjaga jarak.

PHBS di PKK sebetulnya dari dulu sudah ada. Namun itu tidak diterapkan secara optimal. Barangkali masyarakat di sekitar kita belum memahami, ternyata program PHBS  itu sangat penting tidak hanya sekedar teori saja.

“Ternyata kita baru menyadari, Langkah-langkah yang kita lakukan dalam PHBS sangat tepat  menangkal penyebaran covid 19,” kata Ketua TP.PKK Kab. Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra saat menghadiri dialog interaktif di Bali TV, Kamis (11/6).

Dalam dialog yang bertemakan Peran PKK Dalam Menekan dan Mencegah Penyebaran Pandemi Covid 19 melalui PHBS di Rumah Tangga, Ny. Adnyani Mahayastra memaparkan melalui pemberdayaan masyarakat (empowerment), TP.PKK sendiri telah memulainya dari lingkungan rumah tangga maupun dasa wisma di masing-masing banjar. Rumah tangga atau keluarga memegang peranan penting dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat. Peranan keluarga memegang peranan utama untuk meningkatkan kualitas kesehatan sejak dini. Dengan menerapkannya terlebih dahulu di lingkungan rumah tangga, maka otomatis akan lebih mudah menerapkan ke lingkungan yang lebih luas yaitu masyarakat. PHBS di rumah tangga dapat dimulai dengan hal-hal yang sederhana seperti menggunakan air bersih untuk keperluan sehari-hari, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, melakukan aktivitas fisik atau olahraga, makan makanan yang bergizi dan lain-lainnya.  

“Kita menerapkan perilaku sehat bukan saja karena merebaknya virus, namun yang tak kalah penting dalam fase new normal ini, perilaku hidup sehat harus lebih ditingkatkan. Semua protokol pencegahan covid 19 harus terus dijalankan dengan penuh kedisiplinan ,”tegas Ny. Adnyani Mahayastra lagi.

 Lebih lanjut dijelaskan  PHBS sendiri merupakan bagian dari program pokja 4 di samping program-program lainnya seperti pengembangan dan pembinaan posyandu, pelestarian lingkungan, perencanaan sehat dan lain-lainnya. Saat ini ditengah upaya kita mencegah penularan covid 19, kita seperti kembali diingatkan akan pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat. Semua harus dimulai dari diri kita sendiri, keluarga dan masyarakat. Kita harus bisa merencanakan segala sesuatu yang terbaik untuk keluarga terutama di bidang kesehatan. (Kominfo/eni)

 

 

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .