15 October 2015

Kenali Busana Mu, Cintai Budaya Mu

Seni budaya tradisional Bali merupakan salah satu pendukung dan  penunjang Pembangunan Kepariwisataan di Kabupaten Gianyar. Dengan keras nya pengaruh Globalisasi, etika berpakaian pun semakin di tinggalkan.  Untuk memberikan pemahaman yang benar tentang cara berpakaian ke pura kepada generasi muda, Dinas Pariwisata menggelar lomba busana ke pura tingkat TK dan SD se-Kabupaten Gianyar serangngkaian acara Bulan Bakti Pemuda di Balai Budaya Gianyar, (15/10).

Lomba  di ikuti oleh 30 pasang peserta putra putri dari anak – anak TK dan SD se Kabupaten Gianyar . pada perlombaan tersebut, di peragakan cara memakai busana ke pura yang benar. Secara umun yang di nilai adalah kerapian, keserasian, dan penampilan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar A.A Bagus Ari Brahmanta menjelaskan, saat ini anak muda maupun dewasa telah meninggalkan pakem – pakem bagaimana tata cara berbusana yang baik dan benar, terutama dalam berbusana adat ke pura. Kita tidak bisa lepas dari symbol – symbol dan etika serta estetika yang terdapat pada busana adat ke pura tersebut.

Dalam lomba ini, anak anak dengan lugu berlenggak – lenggok di atas panggung. Dengan sorak sorai penonton, anak anak penuh percaya diri tampil dengan pasangannya. Lanjut Brahmanta

Sementara Sekda Kabupaten Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra menegaskan untuk bersama – sama melestarikan Seni Busana tradisional Bali sebagai asset untuk menunjang pembangunan dan Pengembangan Kepariwisataan, sehingga Gianyar tetap di minati oleh wisatawan mancanegara dan domestic.

Gus Gaga juga mengapresiasi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Gianyar yang mengikutsertakan anak didiknya untuk mengikuti lomba busana ini. Ia berharap dengan seringnya dilaksanakan perlombaan semacam ini, para generasi muda semakin paham akan berpakaian ada ke pura yang benar.

“sejak dini harus di tanamkan etika berbusana yang benar. Dengan di adakan lomba seperti ini, mental anak anak akan terlatih untuk tampil di depan umum” jelas Gus Gaga.

Di akhir acara, pemenang langsuung di umumkan oleh panitia. Untuk tingkat TK, juara 1 di raih oleh Rainoy Alfiano Putra dengan pasangannya Kadek Ari Candra Florista dari Tk Kemala Bhayangkari IV Gianyar, Juara 2 diraih oleh I Wayan Fino Sinartria Pratama dengan pasangannya Ni Wayan Cherly Anika Kirana dari TK Negeri Pembina Tegalalang, juara 3 diraih oleh Putu Aditya Laksmana Putra dengan pasangannya Ni Putu Sinta Arimas dari TK Widya Sraya.

Juara 1 tingkat SD di raih oleh Pande Nyoman Merta Adi Jaya dengan pasangannya Ni Wayan Agung Putri Anjani dari SD Negeri 3 Ubud, juara 2 diraih oleh Kadek Sandya Vandana dengan pasangannya Ni Putu Shanti Anugerah Dewi dari SD Negeri 3 Gianyar, dan juara 3 diraih oleh Sang Made Wira Guna dengan pasangnnya Ni Ketut Debi Verdiana dari SD Negeri 6 Tampaksiring. (Humas Gianyar/dede)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .