05 July 2010

Kemeriahan Gempita Gianyar 3

Pelaksanaan Gempita Gianyar 3 yang fokus pelaksanaannya kali ini di Kecamatan Ubud berlangsung sangat marak dan meriah. Tak hanya ramai disaksikan penonton lokal, para wisatawan asing pun ramai menyaksikan pagelaran yang dipusatkan di Catus Pata dan Lapangan Astina Ubud. Gempita Gianyar 3 berlangsung dari tanggal 2 sampai 3 Juli 2010. Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada pagelaran Gempita Gianyar 3 kali ini diantaranya, Pagelaran Tri Hita Karana yang berlangsung di Lapangan Astina Ubud dengan menampilkan performan Tirta Sari, Dewa Budjana, Ayu Laksmi, Bona Alit, Gita Gutawa dan Cak Rina.

Tampilan apik seniman nasional dan lokal ini menarik perhatian penonton yang hadir. Selain menampilkan karya, baik tari dan lagu yang serba spektakuler, penataan panggung yang dikomandani oleh Jay Subiakto makin memeriahkan penggelaran yang sangat luar biasa. Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan rasa kagumnya atas pertunjukkan tersebut. ”Pementasan yang sangat luar biasa, perpaduan yang apik antara seni lokal dan seni modern, hal ini sekaligaus menunjukkan bahwa seni itu tidak statis”, ungkap Cok Ace.

Sementara itu, Kegiatan gempita Gianyar 3 juga dilanjutkan dengan acara ”Ubud Street Bash” yang bersamaan kegiatan pembukaan Ubud Festival 2010 yang berlangsung di Catus Pata Ubud menuju Lapangan Astina Ubud. Dalam kegiatan ini ditampilkan Adi Merdangga, Marching Band Prema Ananda School, Peragaan Busana Jalanan, Pawai Ogoh-ogoh dari tujuh kecamatan.

Dalam sambutan pembukaannya, Bupati Gianyar menyampaikan melalui kegiatan Gempita Gianyar 3 dan Ubud Festifal memberikan dampak positif bagi pembangunan, khususnya kesenian dan pariwisata di Kabupaten Gianyar. Kegiatan Gempita Gianyar kemudian ditutup dengan acara makan malam di Puri Agung Peliatan, Ubud. Dalam kesempatan acara makan malam ini ditampilkan tari Kebyar Duduk oleh Ida Bagus Oka dari Blangsinga.  Seniman tua yang saat ini menginjak usia ke-82 tahun merupakan penari pertama, Tari Kebyar Duduk. Selain itu juga tampil Gusti Ayu Raka seorang seniman tua yang juga merupakan penari pertama Oleg Tamulilingan.

Penglingsir Puri Agung Peliatan, Tjokorda Putra Nindia menyampaikan apresiasi atas telah terlaksananya kegiatan Gempita Gianyar 3 dengan baik dan meriah. Tentunya kegiatan ini dapat membawa arah yang positif bagi pemberdayaan kesenian dan makin memperkenalkan Gianyar dengan segala potensi seni dan budayanya.

Maryuna Nasution selaku pimpinan Gempita Gianyar 3 menyampaikan apresiasi atas kerjasamanya dengan Pemkab. Gianyar dalam menyukseskan kegiatan ini. Selama ini dirinya dan seluruh peserta gempita sangat kagum dan cinta dengan seni budaya serta lingkungan di Bali, khususnya di Gianyar. Sehingga dirinya selalu ingin mengajak teman dan orang-orang untuk lebih memperkenalkan Gianyar.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .