03 August 2010

Kelompok Tani Gianyar Masuk 5 Besar Lomba Ketahanan Pangan 2010

Kelompok tani ternak ayam buras ”Yuda Pertiwi” dari Banjar Tangga Yuda, Kedewatan, Ubud, Gianyar tahun ini masuk 5 besar penerima Anugerah Lomba Ketahanan Pangan Tingkat Nasional 2010. Kelompok ternak yang memiliki 56.156 ekor ayam buras ini masuk menjadi yang terbaik untuk kategori intensifikasi ayam buras tingkat nasional. Prestasi yang ditoreh kelompok Yuda Pertiwi dengan meraih 5 besar setelah menyisihkan 30 kelompok tani dari seluruh provinsi di Indonesia. Sebelum maju ketingkat nasional, sebelumnya kelompok ini menjadi yang terbaik ditingkat provinsi. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan, Ir. I Dewa Gde Putra  Amarta, mendampingi Ketua Kelompok Yuda Pertiwi, Ngakan Made Gede, dalam Audiensinya dengan Bupati Gianyar di ruang kerja Bupati Gianyar, Senin (2/8).

Ngakan Made Gede disela-sela audiensi menjelaskan untuk menentukan juara dari 5 besar tersebut, panitia lomba dari Kementerian Pertanian akan melakukan verifikasi lapangan pada Bulan Agustus sebagai tindak lanjut atas profil yang sudah dikirimkan sebelumnya ke pihak panitia.

Dewa Amarta dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa keunggulan dari kelompok ternak ini sebagai wakil Gianyar adalah karena adanya sinergi antara bidang perternakan dan pariwisata. Lebih lanjut Dewa Amerta menambahkan selain menjadi wakil Bali dalam lomba bidang ternak, tahun ini Kabupaten Gianyar menjadi percontohan dalam penanganan rabies di provinsi Bali. Hal ini mengingat Gianyar berhasil mencegah penularan rabies hingga tidak sampai menimbulkan jatuhnya korban jiwa.

Bupati Gianyar saat menerima perwakilan dari kelompok tani ”Yuda Pertiwi” menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang telah diraih. Hal ini tentunya membawa dampak positif bagi pengembangan pertanian dan peternakan di Kabupaten Gianyar. Terlebih selama ini kebutuhan hasil pertanian dan peternakan untuk menunjang sektor pariwisata sangat besar. Selama ini kebutuhan akan hasil pertanian dan peternakan masih didatangkan dari luar kabupaten.  Pemeberdayaan sektor Pertanian dan Peternakan diharapkan menjadi sektor andalan bagi Kabupaten Gianyar selain Sektor Industri Pariwisata yang selama ini telah ada dan bekembang pesat.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .