03 May 2010

Karang Taruna Dibya Darsana Kumara, Peliatan Dinilai Tim Propinsi

Desa Peliatan, Ubud tahun ini menjadi duta Gianyar dalam empat katagori lomba tingkat propinsi. Adapun lomba yang diikuti oleh desa dengan julukan desa seni-budaya adalah, lomba Desa Terpadu, Lomba PKK, Lomba Perpustakaan Desa dan Lomba Karang Taruna. Banyaknya lomba yang diikuti oleh Desa Peliatan tahun ini, mengingat potensi yang dimiliki dan tingginya partisipasi masyarakat setempat dalam peran sertanya membangun desa. Atas potensi dan kondisi inilah Desa Peliatan ditetapkan setelah lewat proses seleksi ketat untuk menjadi duta Kabupaten Gianyar dalam empat lomba propinsi. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Gianyar, Dewa Made Sutanaya pada acara penilaian lomba Karang Taruna Berprestasi untuk kabupaten/kota tingkat propinsi tahun 2010, yang diwakili oleh Karang Taruna Dibya Darsana Kumara, Desa Peliatan di Ancak Saji Puri Agung Peliatan (3/5).

Melalui pelaksanaan lomba karang taruna diharapkan menjadi ajang evaluasi dan sekaligus pembinaan bagi generasi muda desa dalam sumbangsihnya untuk menanggulangi permasalahan sosial yang ada di desa, ungkap Wabup, Dewa Made Sutanaya. Meski ditengah guyuran hujan lebat, namun pelaksanaan penilaian berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, hal ini menunjukkan semangat dan keseriusan Desa Peliatan dalam menyongsong penilain lomba kali ini, pungkas Wabup. Sementara itu, Ketua Karang Taruna Dibya Darsana Kumara, Pande Wayan Septiana Kawita, menyampaikan keberadaan karang taruna Desa Peliatan, yang merupakan embrio dari kelompok pemuda-pemudi di masing-masing banjar telah eksis sejak tahun 1986. Hingga saat ini Karang Taruna terdiri dari 26 pengurus dengan anggota 747 orang yang berasal dari 10 banjar yang ada di Desa Peliatan. Sejak 24 tahun keberadaannya, karang taruna telah banyak ikut berpartisipasi aktif dalam bidang kesejahteraan sosial dan pembangunan di Desa Peliatan. Peran serta aktif Karang Taruna Dibya Darsana Kumara dalam pembanguna di bidang kesejateraan sosial di desa, ditegaskan pula oleh Kades Peliatan, Ir. I Made Budiasa.

Budiasa menerangkan selama ini karang taruna memiliki andil cukup besar dalam ikut serta baik secara langsung maupun tidak langsung dalam menyukseskan setiap kegiatan pembangunan di desa. Partispasi dalam bidang seni dan budaya, olaharaga, kerjasama dengan pihak swasta dan terkait serta pembinaan ke sekaa taruna banjar merupakan bentuk kegiatan nyata yang telah dilakukan karang taruna desa. Selain itu, Karang Taruna Dibya Darsana Kumara juga sangat aktif dalam berbagai kegiatan upacara keagamaan di desa serta kegiatan sosial lainnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilia Lomba Karang Taruna Berprestasi Kabupaten/Kota tingkat Propinsi Bali, Drs. A.A Gde Anom Wartawan menerangkan adapun aspek yang menjadi penilian dalam lomba kali ini adalah, organisasi, program kerja, kemitraan, peran dan kontribusi serta pemahaman dan wawasan kebangsaan tentang organisasi karang taruna. Melalui kegiatan ini dapat menjadi ajang seleksi untuk membina sekaligus mencari karang taruna paling berpretasi untuk menjadi duta Bali ditingkat nasional.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .