11 June 2014

Kantor Perbekel Medahan Diresmikan

Setelah rampungnya pembangunan Kantor Perbekel Medahan, dilaksanakan Karya Ngenteg Linggih yang dipuput oleh Ida Pedande Gria Gede, Keramas dan peresmian Kantor Perbekel Medahan, yang dihadiri oleh Ketua DPRD Gianyar, Made Wardana, Wakil Ketua DPRD Gianyar, Ketut Jata, Perbekel se- Kecamatan Blahbatuh, (10/6).

Sebagai rangkaian upacara, sehari sebelumnya juga dilaksanakan upacara Mecaru Panca Kelud, Rsi Gana, Melaspas dan Mendem Pedagingan.

Perbekel Desa Medahan, Drs. Gusti Agung Putu Sweta, mengatakan perencanaan pembangunan sudah direncanakan sejak tahun 2011. Untuk bangunan kantor sendiri selesai tahun 2012, sedangkan penyengker dan Padmasana baru rampung tahun 2013. Proses pengerjaan pembangunan dilaksanakan secara swakelola dengan melibatkan seluruh masyarakat Desa Medahan secara gotong royong. Total dana yang dianggarkan untuk keseluruhan pembanguan sebesar Rp. 900 juta yang bersumber dari Pendapatan Asli Desa (PADES) dan donatur dari krama desa.  Sementara untuk pelaksanaan Karya Ngenteg Linggih dianggarkan dana sebesar Rp. 80 juta yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp. 48 juta sedang sisanya diperoleh dari penggalian dana dan donator pihak ketiga.

Gusti Agung Putu Sweta menambahkan, pelaksanaan karya ini merupakan sarana untuk mensucikan bangunan kantor maupun padmasana setelah rampung dikerjakan. Sehingga diharapkan setelah selesainya pelaksanaan upacara ini akan mampu mewujudkan suasana kondusif dalam melaksanakan tugas bagi pegawai di Kantor Perbekel maupun masyarakat Desa Medahan. “Pelaksanaan karya ini bermakna untuk mengukuhkan atau menyucikan tempat peribadatan kepada Sang Hyang Widhi, yakni Padmasana yang baru rampung pembangunannya,” terang Gusti Agung Putu Sweta.

Desa Dinas Medahan sendiri terdiri dari dua Desa Adat, yakni Desa Adat Medahan dan Desa Adat Cucukan, terdiri dari empat banjar dinas/adat yaitu Banjar Medahan, Banjar Anggarkasih, Banjar Penulisan serta Banjar Cucukan.

Kabag Kesra, Ketut Mudana mewakili Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa bangganya atas keberhasilan warga Desa Medahan dalam pembangunan kantor Perbekel hingga pelaksanaan upacaranya. Semangat kebersamaan dan gotong royong yang tinggi telah ditunjukkan masyarakat Desa Medahan sehingga pelaksanaan pembangunan dan karya berjalan dengan lancar. Bupati berharap, dengan telah rampunganya pembangunan Kantor Perbekel akan lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga memberi manfaat pada peningkatan kesejahteraan warga. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .