08 May 2014

Kader Pelestari Budaya, Inventarisasi Kesenian Tradisional

Mengiventarisasi dan merekontruksi kembali kesenian tradisional di Kabupaten Gianyar yang hampir punah, adalah salah satu misi dari para kader yang tergabung dalam organisasi Kader Pelestari Budaya. Salah satu prestasi penting yang sudah berhasil dilakukan para kader pelestari budaya yang terdiri dari anak-anak SMA/SMK se-Kabupaten Gianyar ini  adalah merenkontruksi kembali tarian Rejang Ilut yang merupakan tarian tradisional di Daerah Buahan Kelod Kecamatan  Payangan Gianyar.

Seperti dituturkan salah satu pembina  dari Kader Pelestari Budaya, A.A Gde Oka Santika  saat audiensi dengan Bupati Gianyar, A.A Gde Agung Bharata. Keberhasilan merekontruksi kembali tarian rejang ilut, yang hampir 15 tahun tidak pernah ditarikan ini, tak terlepaskan dari keinginan mereka agar kesenian tradisional tidak hilang tergerus jaman. Berbekal tekad yang kuat, mereka mulai menelusuri jejak tarian ini hingga berhasil menemukan penari rejang ilut dulu yang masih hidup. Bagaimana gerakan tariannya,  tetabuhannya, pakaian dan segala pernak perniknya semuanya didata dari narasumber yang berkompeten.  Akhirnya setelah mengalami proses yang tidak sedikit, pada kemah Budaya tingkat provinsi beberapa waktu lalu tarian rejang ilut dipentaskan. “ Apresiasi mereka saat tarian ini kami pentaskan sangat bagus, bahkan para kader dari kabupaten lain sangat mendukung apa yang telah kami lakukan,” papar A.A Gde Oka Santika.

Pada kesempatan itu juga dipaparkan pada tanggal 17-19 Juli nanti, di Desa Melinggih Payangan akan diadakan kemah budaya yang diikuti oleh perwakilan dari SMA/SMK se-Kabupaten Gianyar. Sejak berdiri pada 10 Juli 2011 lalu, ini sudah ke empat kalinya kemah budaya di diadakan. Sama seperti tahun sebelumnya, kegiatan dalam kemah budaya ini juga akan diisi dengan lomba kesenian tradisional, lomba busana adat, diskusi budaya, lomba karya tulis ilmiah dan sarasehan budaya.

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata sangat bangga akan kiprah para kader pelestari budaya ini. Karena sangat jarang ada anak muda apalagi setingkat SMA/SMK yang begitu peduli dengan kesenian tradisional. Bupati juga sangat terkesan dengan pendataan tarian tradisional yang dilakukan, malah Bupati Agung Bharata menitipkan tugas agar para kader ini juga mendata tarian Baris Cina di Kecamatan Tampaksiring. Tarian ini juga sudah hampir tidak pernah ditarikan lagi. Selain tarian, seni lukis mapun patung juga perlu didata lebih detail lagi. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .