13 November 2014

Kabupaten Pasaman Barat Belajar Program PNPM Mandiri Di Gianyar

Keberhasilan Kabupaten Gianyar dalam mengelola Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan (MP) menarik perhatian Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat. Rombongan BPMKB  Kabupaten Pasaman Barat diterima oleh fasilitator PNPM- MP Kabupaten Gianyar Ir. Kadek Suardika di Ruang Rapat Kantor BPPT Pemkab. Gianyar,  (13/11).

Pimpinan rombongan BPMKB Pasaman Barat, Afkar SIP,  mengutarakan niat mereka ke Kabupaten Gianyar adalah ingin belajar secara langsung, strategi apa yang dipakai hingga program PNPM ini bisa berhasil hingga ke tingkat nasional. Kondisi sosial ekonomi masyarakat Pasaman Barat tidak jauh berbeda dengan di Kabupaten Gianyar,  jadi penerapan programnya tidak jauh berbeda.

“ Kabupaten Gianyar merupakan salah satu yang terbaik dalam pelaksanaan program PNPM –MP, di Indonesia”  jelas Afkar.

Sementara itu Fasilitator PNPM-MP Kabupaten Gianyar, Kadek Suardika menjelaskan PNPM –MP merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Untuk meningkatkan efektifitas penanggulangan kemiskinan, PNPM mandiri menempatkan pemberdayaan masyarakat sebagai dasar operasional pelaksana, dan menempatkan masyarakat sebagai pelaku bukan sebagai obyek. “Masyarakat kami libatkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan sampai pada pemeliharaan kegiatan,” Jelas Kadek Suardika.

Selain itu untuk mempercepat program penanggulangan kemiskinan, Pemkab. Gianyar melalui Ruang Belajar Masyarakat (RBM) melaksanakan program Siaga Desa Swatantra.   Program Siaga Desa Swantantra akan  membawa desa/kelurahan pada kondisi lebih siap, yaitu masyarakatnya memiliki kemampuan menemukan dan memecahkan permasalahannya sesuai potensi yang dimiliki. Sehingga percepatan pengentasan kemiskinan bisa optimal dan terpadu.

Sejak kehadiran PNPM Mandiri tahun 2003, maupun Integrasi tahun 2011, dan PIK, masyarakat sangat antusias terlibat dalam proses perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan dalam membangun kelurahan/Desa. Sehingga hal tersebut menjadi modal besar dalam melaksanakan program Siaga Desa Swatantra.  (Humas Gianyar/Eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .