15 July 2010

Kabupaten Lima Puluh Kota Belajar ke Gianyar

Dalam rangka meningkatkan kinerja aparatur, perencanaan dan sharing informasi perencanaan, Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat mengadakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Gianyar. Rombongan di pimpin langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota, H. Amri Darwis, SA, MM bersama 15 orang Bappeda Kabupaten Lima Puluh Kota. Rombongan diterima  oleh Wakil Bupati Gianyar, Dewa Sutanaya, SH dan beberapa SKPD terkait, di Pendopo rumah jabatan Bupati Gianyar, Rabu (14/7).

Bupati Lima Puluh Kota menerangkan adapun tujuan dilakukannya kunjungan kerja ke Kabupaten Gianyar adalah untuk mempelajari 7 program unggulan dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan pembangunan, khususnya bidang pertanian dalam arti luas. Mengingat dari 330 ribu jiwa penduduk di Kabupaten Lima Puluh Kota terdapat 17.000 jiwa yang berkategori miskin, dimana 80 % dari penduduk miskin bergerak dalam sektor pertanian. Terkait dalam pemberdayaan pertanian dalam rangka meningkatkan PAD Kabupaten Kota Lima Puluh memilih Kabupaten Gianyar sebagai lokasi kunjungan, sesuai dengan informasi yang diperolehnya pembangunan di Kabupaten Gianyar sudah berjalan dengan baik, tegas Bupati Lima Puluh Kota. Bupati Lima Puluh Kota juga menjabarkan bahwa dari kunjungannya ke Kabupaten Gianyar beberapa waktu lalu, mereka telah berhasil menyadur sistem adat Bali untuk mengembangkan kembali adat di Kabupaten Lima Puluh Kota sehingga mampu meningkatkan kearifan lokal setempat yang mulai ditinggalakan.

Wakil Bupati Gianyar, Dewa Made Sutanaya menerangkan Kabupaten Gianyar memiliki beberapa program untuk meningkatkan kesejahteraan warganya seperti; SPP gratis untuk wajar 9 tahun, kesehatan gratis, penyaluran bantuan bergulir KTA untuk tenaga ke luar negeri serta subsidi pupuk dan bibit bagi para petani. Selain itu dalam rangka meningkatkan pemberdayaan perekonomian  petani dan peternak, Pemkab Gianyar juga memiliki program bantuan bergulir berupa bibit ternak yang dikelola dalam bentuk kelompok usaha bersama dan koperasi.

Wakil bupati Gianyar dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa pertanian dan adat budaya adalah cikal dari pariwisata di Gianyar yang menjadi penyumbang terbesar PAD. Dimana potensi tersebut juga dimiliki oleh Kabupaten Lima Puluh Kota sehingga dari kunjungan tersebut hal itu bisa diserap dan di sadur sepulangnya dari kunjungan ke Kabupaten Gianyar.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .