04 May 2011

Kabupaten Dairi Belajar Pelayanan di Gianyar

Staf Ahli bidang ekonomi, Dewa Mahayasa menerima rombongan study banding Kabupaten Dairy, Sumatera Utara di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar (04/05).

Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, mengunjungi Pemerintah Kabupaten Gianyar untuk melakukan study banding pelayanan terpadu. Hal tersebut diungkapkan Sekda Kabupaten Dairy, Arsenius Marbun. Menurut Arsenius, rombongan terdiri dari para Camat se-Kabupaten Dairi dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Dairi, memilih Gianyar sebagai wilayah perbandingan karena dari informasi yang diterima Kabupaten Gianyar dinilai memiliki standar pelayanan sesuai SOP (Standart Operational Procedur). Di samping BPPT Kabupaten Gianyar akan menerapkan system pelayanan satu pintunya. Hal yang lebih di fokuskan adalah karena BPPT yang kini yang telah berstatus sebagai badan sedangkan di Kabupaten Dairi masih berbentuk Unit Pelayanan. Kabupaten Dairi memiliki wilayah yang luas, 192.780 ha sehingga pelayanan di serahkan kepada kecamatan, sehingga lebih memudahkan warga untuk memdapatkan pelayanan. Dalam sambutannya, menurut Dewa Mahayasa, Kabupaten Gianyar   tidak seperti Kabupaten Dairi yang memiliki wilayah yang luas. Dengan wilayah yang kecil, 36.800 ha (5 kali lebih kecil dari Kabupaten Dairi), Pelayanan di Kabupaten Gianyar cukup di pusatkan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) yang berada di tempat strategis sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat. Dewa Mahayasa menjelaskan bahwa Pelayanan di Kabupaten Gianyar, terutama di bidang perizinan sedang ditingkatkan. Dimulai dari berbentuk UPPTD (unit Pelayanan Perizinan Terpadu Daerah), Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) dan yang terakhir menjadi Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) dengan system satu atap. Saat ini untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat akan dikembangkan system satu pintu, yakni standar pelayanan minimal, dimana pelayanan birokrasi yang cepat, murah dan berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan masyarakat. Substansinya perlu dilakukan penyederhanaan jalur  birokrasi tanpa meninggalkan pengawasan dari  instansi teknis bagi warga, khususnya  investor, agar bisa menunjang peningkatan iklim investasi di Kabupaten Gianyar. Lebih lanjut menurut Dewa Mahayasa, dengan system satu pintu semua pelayanan salesai di satu tempat, mulai pengajuan berkas, proses, hingga penandatangganan, sehingga sangat efektif dan efisien.(Humas Gianyar)

Tentang


Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Portal Layanan


Kontak Kami


Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .