18 January 2012

K3S Kabupaten Gianyar Peduli Penderita GBS

Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (K3S) Kabupaten Gianyar, Ny. Tjokorda Istri Putri Hariani R (istri Bupati Gianyar) memberikan bantuan kepada penderita Guliian Barre Syndrome (GBS), Dewa Ayu Yulia Widiantari , di Br. Triwansa, Kelurahan Bitera (17/1). Penyakit GBS kini tak hanya menyerang orang dewasa, namun juga anak-anak seperti Dewa Ayu Yulia.  Hingga kini, sejumlah ahli medis di dunia belum menemukan penyebab pasti dari penyakit GBS yang dapat mengakibatkan kelumpuhan bahkan gagal nafas dalam jangka waktu cukup lama.

Tjok Putri sangat terenyuh mendengar penjelasan dari orang tua Dewa Ayu Yulia, Dewa Gede Bawa dan Desak Made Rai Ariani mengenai asal mula anaknya menderita GBS. Terlebih sang ibu tidak kuasa menahan tangis setiap menjelaskan penyakit yang diderita anaknya. Dewa Ayu Yulia juga menangis dan terus menyembunyikan wajahnya di pelukan sang nenek saat di jenguk oleh Tjok Putri beserta rombongan K3S karena dirinya merasa malu dengan kondisi tubuhnya yang tidak bisa berjalan.

Dewa Ayu merupakan sulung dari 2 bersaudara yang kini berusia 8 tahun, menurut Dewa Bawa, Awal mula anaknya menderita penyakit ini tanggal 12 September 2011. Dewa Ayu suhu badannya meningkat dan mengeluhkan kakinya kesemutan seperti ditusuk-tusuk, lalu segera dilarikan ke  RSUD Sanjiwani dan diagnosa sementara menderita GBS, kemudian dirujuk ke RSUP Sanglah dan langsung masuk ICU selama 7 hari kemudian dirawat kamar selama 2 minggu. Saat ini anaknya masih dalam rawat jalan dan menjalani fisioterapi tiap minggunya.

Desak Rai (ibu) merasa sangat takut dan khawatir jika kelumpuhan ini berlangsung selamanya, banyak yang sangat ia khawatirkan. Terlebih saat ini dirinya sedang mengandung anak ke-3. Anaknya saat ini secara psikologis mengalami drop, ia malu jika bertemu orang karena lumpuh apalagi kalau dia memakai kursi roda. Namun Dewa Ayu masih semangat sekolah meskipun kondisinya masih lumpuh dengan cara digendong. “Dewa Ayu tidak mau memakai kursi roda karena malu, labih baik ia digendong ke sekolah di SDN 1 Bitera”.

Desak Rai sangat berterimakasih dengan bantuan yang diberikan K3S, bantuan ini sangat berguna untuk kelanjutan biaya terapi dan berobat jalan untuk putrinya. Dirinya juga mohon doa dari Tjok Putri dan K3S untuk kesembuhan putrinya.

Menurut Tjok Putri kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama, disamping merupakan kegiatan K3S bersama Pemerintah Kabupaten Gianyar untuk menanggulangi masalah-masalah sosial yang berada di Kabupaten Gianyar. K3S berupaya turun kelapangan dan mendata setiap masalah-masalah sosial yang ada seperti yang dialami oleh Dewa Ayu Yulia dan memberikan bantuan dana guna meringankan beban mereka.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .