30 October 2015

K3S Kabupaten Gianyar Gelar Pengobatan Mata Gratis

K3S Kabupaten Gianyar bekerjasama dengan Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI) dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) Cabang Bali, mengadakan pemeriksaan mata gratis dan operasi katarak untuk masyarakat tidak mampu di Banjar Bangkilesan, Desa Mas, Ubud, (27/10).

Tingginya antusias warga memanfaatkan momen pemeriksaan gratis ini telihat dari kehadiran ratusan warga sejak pagi hari. Tak hanya warga dari Banjar Bangkilesan, Desa Mas, Ubud yang melakukan pemeriksaan ataupun konsultasi kesehatan mata tetapi juga dari Lodtunduh, Pejang bahkan Tampaksiring.. Warga yang mengalami gangguan kesehatan mata diperiksa dan diberikan obat dan diberikan bantuan kaca mata gratis bagi yang membutuhkan. Dari 270 orang yang diperiksa kesehatan matanya, terdapat sebanyak 10 orang menjalani operasi mata karena terindikasi katarak.

Manager Area YKI Gianyar, I Nyoman Wardhana mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu menanggulangi gangguan penglihatan dan kebutaan, khususnya bagi masyarakat kurang mampu. Dalam kegiatan ini, selain menurunkan sejumlah tenaga medis, juga menghadirkan dokter spesialis yaitu dr. Kompiang Rahayu, S.Pm., dr. Gusti Putra S.Pm.

I Komang Widarta warga asal Banjar Bangkilesan, Desa Mas, Ubud mengatakan sangat senang dengan adanya pemeriksaan mata gratis khususnya bagi warga kurang mampu seperti dirinya. Karena jangankan untuk berobat, memenuhi kebutuhan sehari-haripun sudah terasa berat.

“Saya merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Selain mendapatkan pemeriksaan mata secara gratis juga mendapat bantuan  kacamata. Saya harap, kegiatan ini dilaksanakan secara rutin,” terang Widiarta.

Ketua K3S Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra berharap agar masyarakat memanfaatkan kegiatan tersebut dengan datang ke lokasi untuk memeriksakan kesehatan matanya. Ke depan kegiatan seperti akan dilanjutkan ke desa – desa lainnya.

“Banyak kasus terutama kalangan masyarakat kurang mampu sangat enggan melakukan pemeriksaan kesehatan matanya, karena masalah biaya. Kami ingin membantu, dengan menggandeng semua pihak untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kurang mampu secara gratis,” terang Ny. Surya Adnyani Mahayastra. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .