29 July 2015

K3S Gianyar, Serahkan Bantuan Ternak Babi untuk KK Miskin di Dua Kecamatan

Hampir seluruh keluarga di Bali khususnya di pedesaan , memelihara ternak babi merupakan suatu mata pencaharian tambahan yang pasti ada di setiap rumah.  Kadang memelihara babi bukan mata pencaharian tambahan, namun merupakan hasil yang utama. Hal inilah yang disadari oleh Ketua Koordinator Kegiatan Kesejahteraan sosial (K3S) Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, ketika memberikan bantuan bibit ternak  babi pada 4 orang KK miskin yang ada di Kecamatan Blahbatuh dan Payangan, (28/7).

Menurutnya, sebelum memberikan bantuan pihaknya terlebih dahulu mengadakan survey ke tengah masyarakat mencari tahu apa yang sekiranya bantuan yang dibutuhkan dan mampu memberikan manfaat bagi yang menerimanya. Akhirnya terpilihlah bantuan bibit ternak babi yang diserahkan pada empat  orang KK miskin di dua kecamatan tersebut.  Adnyani Mahayastra juga menjelaskan, bantuan ini didasarkan juga pada budaya di bali yang hampir setiap rumah tangga di pedesaan memelihara babi sebagai tambahan penghasilan.  Memelihara ternak babi juga cukup mudah, makanan bisa dicari dilingkungan rumah dan bisa ditambah dengan sisa-sisa makanan rumah tangga.

“Kami ingin bantuan yang yang kami berikan memberikan manfaat bagi yang menerimanya, dan yang terpenting bantuan itu tidak menyulitkan mereka dalam mengelolanya,” jelasnya.

Salah satu KK Miskin penerima bantuan bibit ternak babi, I NYoman Adi Sentana asal Br. Kertiyasa, Desa Bona Kecamatan Blahbatuh mengaku sangat bersyukur bantuan bibit babi ini. sebagai kepala keluarga ia mengaku sangat kesulitan menafkahi keluarganya hanya  dengan mengandalkan hasil dari buruh tani. Penghasilan yang tak menentu kerap membuatnya, kelimpungan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nyoman Adi Sentana berjanji akan memelihara ternak ini dengan baik, dan ia berharap jika babi ini mampu berkembang biak sehingga dapat membantu perekonomian keluarga.

Selain I Nyoman Adi Sentana, bantuan serupa juga diberikan pada I ketut Arka asal Br. Paksadana, Desa Bona Blahbatuh, dan Gusti Made Sutriani  dan Ni Wayan Sriati  yang keduanya asal Br. Penginyahan, Desa Puhu Kecamatan Payangan. (Humas Gianyar/Eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .