13 April 2016

K3S Gianyar, Serahkan Bantuan Mesin Pemarut Kelapa Pada Penyandang Disabilitas

Memberdayakan KK miskin dan penyandang disabilitas dari segi ekonomi, merupakan salah satu program dari  Koordinator Kegiatan Keluarga Sejahtera (K3S) Kabupaten Gianyar di tahun 2016 . Serangkaian dengan kegiatan memperingati HUT Kota Gianyar ke -245, K3S Kab. Gianyar bersama dengan Dinas Sosial menyerahkan bantuan 5 buah mesin parut kelapa pada penyandang cacat dari KK miskin yang ada di Desa Pupuan Kecamatan Tegallalang dan bantuan paket sembako pada 23 KK Miskin di Desa Tampaksiring kecamatan tampaksiring Gianyar,  (12/4).

Ketua K3S Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan program pemberdayaan penyandang disabilitas merupakan program rutin dari K3S. Ia ingin meskipun para penyandang disabilitas ini tidak berdaya secara fisik, namun mereka mampu mandiri secara ekonomi tidak tergantung pada orang orang lain.

“ Bantuan mesin pemarut kelapa ini juga sudah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan mereka, jadi bantuan yang diberikan tidak mubazir karena tidak bisa dimanfaatkan,” jelas Ny. Adnyani Mahayastra.

Pada kesempatan itu, Ny. Adnyani Mahayastra berharap agar aparat pemerintahan desa, tokoh masyarakat atau siapapun agar pro aktif melaporkan jika ada KK miskin atau penyandang disabilitas yang belum terdata ke Dinas Sosial. Agar tidak terdapat lagi warga miskin yang tercecer dan tidak mendapat bantuan.  Pendataan ini menurut Ny. Adnyani Mahayastra sangat dibutuhkan, sehingga pihak K3S dapat memfasilitasi baik dari program pemerintah melalui dana CSR, sehingga angka kemiskinan di Kabupaten Gianyar dapat ditekan jumlahnya.

Salah satu penerima bantuan mesin pemarut kelapa, Ni Nyoman Sami dari Br. Timbul Desa Pupuan Kecamatan Tegallalang mengaku sangat bersyukur menerima bantuan ini. Dengan mesin pemarut ini, Nyoman Sami dapat membuka usaha pemarut kelapa, sehingga ia tidak terlalu tergantung pada keluarganya di bidang ekonomi.  Penyandang disabilitas lainnya yang menerima bantuan mesin pemarut kelapa adalah I Ketut Duduk dar Br. Tegal Payang Desa Pupuan, Ni Wayan Suryani dari Br. Mumbi Desa Pupuan, I Ketut Tangga dari Br. Calo Desa Pupuan dan Ni Made Ketir dari Br. Perean DesaPupuan Kecamatan Tegallalang.

Sementara itu Kadis Sosial kabupaten Gianyar Drs. I Made Watha, SH mengatakan selain bantuan untuk penyandang disabilitas yang ada di Kecamatan Payangan, bantuan paket sembako juga diberikan pada 23 orang KK miskin yang ada di Desa Tampaksiring kecamatan Tampaksiring Gianyar.  Made Watha mengatakan, pihaknya di Dinas Sosial akan selalu berusaha memperbaharui data jumlah KK miskin dan penyandang disabilitas yang ada di kabupaten Gianyar, agar semua program bantuan dapat sampai dan tepat sasaran. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .