15 December 2014

Jelang Galungan, Pemkab. Gianyar Berdayakan Petani Lokal Lewat Pasar Tani

Pemkab. Gianyar melalui Dinas Pertanian, Perhutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) menyediakan Pasar Tani di halaman parkir Kantor Bupati Gianyar, (12/12). Pasar Tani yang rutin di gelar menjelang Hari Suci Galungan ini dimaksudkan untuk menyediakan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk keperluan hari raya. Hal ini juga sebagai upaya untuk menghindari PNS yang keluar saat jam kantor untuk belanja keperluan hari raya.

Pasar Tani yang menyediakan berbagai produk hasil pertanian lokal Gianyar tersebut dibuka sejak pukul 06.30 wita dan dipantau langsung oleh Sekdakab Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra bersama Asisten Cokorda Rai Widiarsa didampingi Kepala Distanhutbun, I. G. A. Dewi Hariani.

Segala kebutuhan untuk persiapan hari raya tersedia di masing – masing stand yang ada, mulai dari buah – buahan, produk olahan, janur hingga sembako. Masing – masing stand diisi oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dari Kec. Tegallalang dan Kec. Payangan dengan menampilkan produk – produk pertaninan unggualan masing – masing. Kesempatan itu tak disia – siakan oleh PNS di Lingkungan Pemkab Gianyar. Seusai melaksanakan senam Jumat pagi, para pegawai bebodong – bondong menyerbu stand untuk berbelanja kebutuhan hari raya.

Seperti salah satu petani, I Made Neka asal Banjar Let, Desa Taro, Tegallalang yang tergabung pada Kelompok Tani Gunung Mekar, Tegallalang menyediakan produk unggulan buah jeruk Taro dengan harga promosi. Dimana untuk jeruk kualitas nomor satu ditempat ini dijual dengan harga Rp. 13 ribu s/d Rp. 14 ribu per Kgnya, sedangkan dipasaran harganya mencapai Rp. 15 ribu s/d Rp. 17 ribu. Sedangkan untuk jeruk sarana banten, dijual seharga Rp. 8000 per kgnya.

“Jeruk untuk sarana banten ukurannya lebih kecil dari yang kualitas super. Jeruk jenis ini banyak dicari oleh pembeli karena ukurannya sangat pas untuk sarana banten,” terang I Made Neka.

Neka juga mengaku sudah beberapa kali mengikuti kegiatan Pasar Tani yang diselenggarakan oleh Pemkab Gianyar. Selain untuk mendukung kegiatan Pemkab, kegiatan ini juga sebagai sarana promosi untuk produk pertanian yang menjadi unggulan kelompok taninya.

IB. Gaga Adi Saputra mengatakan, pasar tani memang rutin dilaksanakan menjelang hari raya Galungan sebagai upaya mencegah pegawai berkeliaran berbelanja pada saat jam kerja. Pegawai tidak perlu jauh-jauh ke pasar untuk membeli keperluan yang telah disediakan. Selain itu, kegiatan ini nantinya diharapkan mampu memberi dampak yang positif bagi perkembangan pertaninan di Kabupaten Gianyar.

“Banyak produk pertanian kita yang sudah mampu bersaing di pasar modern. Ajang ini juga sekaligus sebagai sosialisasi produk – produk unggulan pertanian Gianyar,” terang Gus Gaga.

Kepala Distanhutbun I.G.A. Dewi Hariani, untuk kegiatan Pasar Tani ini pihaknya sengaja menggandeng Gapoktan yang ada di Kabupaten Gianyar, terutama wilayah Kecamatan Tegallalang dan Payangan sebagai sentra petani buah – buahan. Setiap stand yang di isi oleh maing – masing Gapoktan tersebut menampilkan produk local Gianyar sebagai upaya memberdayakan petani. Kegiatan Pasar Tani seperti ini juga kerap dilasanakan di berbagai kegiatan, seperti peringatan HUT Kota Gianyar. Langkah ini sebagai upaya untuk ajang promosi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang produk pertanian Gianyar.

“Dari segi kualitas, produk pertaninan local mempunyai kualitas yang tak kalah dengan produk import. Bahkan sudah banyak yang mampu bersaing di pasar modern,” terang I. G.A. Dewi Hariani.

Dewi Hariani menambahkan, kegiatan Pasar Tani juga guna mendidik petani dalam menerapkan system dari hulu ke hilir. Dari menanam, panen hingga menjual dan berhadapan langsung dengan pembeli. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .