30 March 2011

Jelang 2014, Pemkab Gianyar Gelar Bintek Pajak

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan para petugas pajak/sedahan dan tenaga teknis di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Gianyar untuk lebih profesionalisme, Pemerintah Kabupaten Gianyar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar (30/03). Hal tersebut diuangkapkan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Gianyar, Putu Hermalini, dalam laporannya.

Lebih lanjut, Hermalini menjelaskan Bimtek diikuti oleh 40 peserta dari petugas pungut/sedahan dan tenaga teknis lainnya, selama 2 hari (30-31 Maret) dan dilanjutkan dengan praktek kerja lapangan selama 3 hari (1-3 April) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ditambahkan sehubungan telah disahkannya Undang-undang Pajak Daerah dan Restribusi Daerah Nomor 28 Tahun 2009 maka Pemerintah Pusat melimpahan kewenangan PBB dan BPHTP ke Pemerintah Daerah. Khusus untuk BPHTB pelimpahan wewenang mulai tahun 2011 dan untuk PBB tahun 2014 sudah harus aktif di kelola Pemerintah Daerah.

Untuk upah pungut PBB dimasukkan ke

Saat membuka Bimtek, Wakil Bupati Gianyar, Dewa Made Sutanaya, menjelaskan bahwa tantangan ke depan dalam mengelola PBB dan BPHTB adalah kesiapan piranti, administrasi dan SDM para petugas pajak untuk bekerja secara professional. Oleh karena itu diharapkan pada pelaksanaan Bimtek para peserta bersungguh-sungguh memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan pengertahuan dan keterampilan

Lebih lanjut selama 2 (dua) tahun terkahir, PBB Kabupaten Gianyar selalu mencapai target, sehingga untuk tahun 2011, Pemkab Gianyar optimis akan mencapai target.

Sebagai pembicara Kepala Bappeda dengan materi Kebijakan Pemerintah dalam bidang Perencanaan, KPP Pratama dengan materi Konsep PBB dan BPHTB serta Penilaian Subyek dan Obyek PBB, Kepala Dispenda dengan materi Pajak Daerah, Staf ahli bidang Hukum dengan materi UU PBB dan BPHTP, IPPAT Gianyar dengan materi Peran dan Tugas PPAT dalam rangka peningkatan PAD melalui BPHTB dalam transaksi tanah, BPN GIanyar dengan materi Peran dan tugas BPN dalam PBB dan BPHTB

Ditempat tepisah, Kasi PBB, A A Surya Raditya, menjelaskan berdasarkan data, hingga akhir Pebruari 2011, relisasi BPHTB Kabupaten Gianyar mencapai Rp. 494 juta dari target 10 miliar. Hal tersebut dikarenakan SPPT dan NJOP tahun 2011 baru saja diterima akhir Maret 2011, sehingga dengan terbitnya SPPT dan NJOP diharapkan hingga akhir tahun 2011 perolehan BPHTP akan mencapai target.

Lebih lanjut, menurut A A Surya, Khusus PBB tahun 2009 perolehan PBB mencapai 104 % dari target Rp. 7,8 Milliar, demikian halnya 2010 mencapai 103 % dari target Rp. 7,8 Miliar. Dan diharapkan tahun 2011 target juga tercapai.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .