16 December 2011

Jalan Santai Hari AIDS Sedunia

1000 orang yang terdiri dari, pelajar, POLRI dan pegawai serta pejabat di Lingkungan Kabupaten Gianyar ramaikan jalan santai dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia (HAS). Jalan Santai dilepas Wakil Bupati Gianyar, Dewa Made Sutanaya di Depan Open Stage Gianyar (16/12).

Dalam laporannya Ketua panitia peringatan HAS, I Ketut Suweta menjelaskan Peningkatan kasus HIV dan AIDS dari tahun ke tahun semakin mengkhawatirkan. Komulatif kasus HIV /AIDS di Bali hingga September 2011 yang tercatat sebanyak 4.833 kasus dengan 399 kematian. Di Kabupaten Gianyar sendiri tercatat 213 kasus dengan 24 kematian. Penularan HIV/AIDS sebagian besar melalui Heteroseksual (73%) dan golongan umur 19-39 tahun (78 %)/ usia produktif. Untuk itu HAS 2011 bertema “Lindungi Pekerja dan Dunia Usaha dari HIV dan AIDS” yang bermakna penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja sebagai bagian dari peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja. Untuk itu sebagai sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya HIV/AIDS digelar Jalan Santai.

Selain itu rangkaian kegiatan peringatan HAS 2011 di Kabupaten Gianyar antara lain; penyuluhan HIV/AIDS dan Narkoba di sekolah dan masyarakat umum, Pelatihan Bidan Deteksi PMTCT untuk bidan Puskesmas, RS daerah dan swasta., pelatihan konselor HIV bagi petugas Puskesmas, Bakti sosial dan pemberian bantuan kepada ODHA dan donor darah peduli AIDS.

Di sela-sela acara, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Gianyar, I Dewa Made Oka Sedana menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan akan bahaya Narkoba dan HIV/AIDS yang semakin mengancam terutama pada masyarakat usia produktif. Selain itu juga memberikan pendidikan kepada masyarakat akan penularan HIV/AIDS yang benar sehingga menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA (orang dengan HIV/AIDS).

Ditambahkan, saat ini Kabupaten Gianyar telah memiliki Klinik VCT, layanan PMTCT dan Harm Reduction serta dikembangkan KSPAN dan pembentukan pokja AIDS di tingkat kecamatan dan desa.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .