09 July 2015

Isi Libur Panjang Anak-Anak SD Mas Belajar Budaya di Pasraman

Isi kegiatan libur panjang tahun ajaran 2014/2015, anak-anak SD di Desa Mas belajar budaya di pasraman, hal tersebut diungkapkan Ketua Pembina Pasraman Sewaka Widya Dharma Kanaka Kabanyumas Desa Mas, I Wayan Suwija, di Wantilan Pura Taman Pule, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar, (8/7).

Lebih lanjut ia mengatakan, saat liburan kebanyakan anak-anak memanfaatkan waktunya dengan hal-hal yang tidak baik, sehingga bisa merubah pola pikir dan budi pakerti sebagai orang Bali. Desa Pakraman Mas melalui pasraman mengajak anak-anak mengisi kegiatan liburan dengan berbagai kegiatan positif dan berguna bagi masa depan.

Pasraman Sewaka Widya Dharma Kanaka Kabanyumas yang didirikan 2004 silam merupakan salah satu media pelestari budaya Bali bagi generasi penerus. Sehingga sejak didirikan, pasraman ini selalu ramai dengan peserta didik, hanya saja harus membatasi kuota dengan  menerima siswa kelas 5 SD saja. Memiliki 14 tutor asal guru SD se-Desa Mas, kegiatan belajar dan mengajar di pasraman ini sangat efektif, karena diisi oleh tutor yang berpengalaman. “Anak-anak yang ikut belajar di pasraman dididik budi pakerti, pengenalan budaya Bali dan pendidikan agama,”imbuhnya.

Kegiatan pasraman yang dilaksanakan setiap hari Minggu dengan mata pelajaran Budi pakerti dan pelestarian adat dan budaya, seperti ulat-ulatan/anyaman, jejaitan sarana upakara, satua, pesantian, seni tabuh dan tari, aksara Bali dan gegitan. Setiap minggu anak-anak diberikan dua mata pelajaran, didampingi 2 hingga 4 orang tutor.

Senada yang diungkapkan salah seorang tutor Pesraman Sewaka Widya Dharma Kanaka Kabanyumas, Ni Nyoman Roti Astiti kalau Desa Pakraman Mas berhasil mendidik rata-rata 200 siswa setiap tahun. Sehingga anak didik yang lulus di pasraman diyakini bisa membuat berbagai sarana upakara yang dibutuhkan Agama Hindu. “Seperti membuat Klakat Sudamala, sengkui, dan lainnya, padahal orang tuanya saja belum tentu bisa,”terangnya.

Kedepan ia berharap seluruh anak SD se-Desa Mas bisa diikutkan dalam kegiatan pasraman, fasilitas dan tempat masih cukup luas di Wantilan Pura Taman Pule.  Keterbatasan anggaran membuat kegiatan ini dibatasi pesertanya. Padahal komitmen desa dan para tutor akan terus menjalankan kegiatan ini walaupun tanpa anggaran. Namun, pihaknya selalu berusaha agar anggaran yang dikelola pasraan bisa lebih besar sehingga kegiatan berjalan optimal. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .