23 May 2016

Interhash Promosikan Wisata Alam Gianyar

Areal Parkir Pura Tirta Empul Tampaksiring dipadati ribuan peserta Bali Hash House Hariers (HHH) Internasional (Interhash) yang dilaksanakan selama dua hari. Di Tempat yang sama, dua tahun silam perhelatan serupa pernah dilaksanakan, namun pesertanya hanya asal Asia Fasifik yang tergabung dalam Wonderful Adventure Indonesia Asia Pasifik(WAI Aspac) 2014. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, A.A. Dalem Jagadhita, saat membuka acara, di Areal Parkir Pura Tirta Empul Tampaksiring, Gianyar, (21/5).

Lebih lanjut, A.A. Dalem Jagadhita mengatakan sekarang perhelatan Hash House Hariers diikuti lebih dari 100 negara. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari  (21-22/5) ini merupakan ajang yang dilaksanakan pertama kalinya di Bali. Pemkab Gianyar selalu mendukung kegiatan serupa, dengan harapan bisa menumbuhkan perekonomian warga serta perkembangan pariwisata Gianyar. Interhash adalah Internasional Hash House Hariers, yakni merupakan salah satu acara internasional yang berpotensi mendatangkan wisatawan. Dipilihnya Indonesia dan khususnya Bali sebagai lokasi karena memang sudah dikenal kalangan pariwisata dunia yang memiliki alam cukup indah. “Di Bali Interhash dilaksanakan di lima kabupaten/kota,” imbuhnya.

Harapan dari pelaksanaan event ini, peserta dapat bercerita di negeri mereka tentang pengalamannya mengunjungi Bali. Interhash merupakan komunitas pencinta alam (hasher) yang beranggotakan lebih dari 100 negara di dunia dan sudah diselenggarakan sejak 1978. Tahun ini adalah penyelenggaraan ke-21 dan diikuti penghobi lari lintas alam dari 100 negara. "Kegiatan berskala internasional ini digelar setiap dua tahun sekali, sedangkan lokasinya selalu berpindah, sedangkan lokasi ini merupakan hasil bidding tahun lalu di Tiongkok, dan Indonesia  memenangkan bidding tersebut, serta memilih Bali sebagai lokasinya," paparnya.

Senada yang diungkapkan Kapolsek Tampaksiring, I Made Uder kalau persiapan kegiatan ini sudah matang, hanya saja perlu beberapa penyempurnaan. Peserta Bali Hash House Hariers akan mengikuti rute sesuai keinginan yang diawali di Areal Parkir Pura Tirta Empul. Rute Pendek  dengan menempuh jarak sekitar 5Km, peserta memutar menuju Desa Tampaksiring dan kembali ke areal parkir. Rute menengah dimulai dari Parkir Pura Tirta empul menuju Desa Kedisan, Desa Tampaksiring dan kembali ke areal parkir. Sedangkan Rute panjang sekitar 7 Km menuju arah Desa Manukaya Anyar, Banjar Penempahan, lanjut ke areal Parkir. “Kami ingin menunjukan kalau daerah Bali aman bagi wisatawan, dan masih memiliki alam yang indah dan alami,”cetus Uder.

Sementara itu, Interhash 2 tahun 2016 juga dilaksanakan di Areal Goa Gajah Desa Bedulu yang diikuti oleh 75 negara. Sebanyak 500 orang  peserta asal 75 negara dilepas Kaban Kesbangpol Kabupaten Gianyar,  I Dewa Alit Mudiarta. Pelepasan tersebut juga sesuai kategori, yakni kategori Long yang jaraknya 9 km. Kategori medium dengan jarak tempuh 7 km dan Kategori shott jarak 4 km. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .