18 August 2015

IDI Cabang Gianyar, Berikan Pelayanan EKG Gratis pada Veteran dan Masyarakat Gianyar

Bertepatan dengan puncak peringatan HUT ke-70 RI di Kabupaten Gianyar, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Gianyar menggelar pengobatan gratis untuk para veteran, pegawai dan warga masyarakat, di Balai Budaya Gianyar, (17/8).

Para veteran sebelum mengikuti apel detik-detik proklamasi, hampir sebagian besar memanfaatkan pengobatan gratis tersebut. Karena pada pengobatan gratis ini, IDI menurunkan 46  anggotanya yang terdiri dari dokter umum dan dokter spesialis seperti, spesialis saraf, penyakit dalam, jantung maupun spesialis kandungan.  Sperti diungkapkan oleh Ketua IDI Cabang Gianyar, dr. Nyoman Rudi Susantha S.POG (K), pelayanan yang diberikan pada para veteran dan masyarakat  adalah  mulai dari  pengobatan penyakit ringan, periksa gula darah hingga EKG. Khusus untuk EKG menurut dr. Rudi Susantha memang segaja diberikan pada moment menyambut HUT RI. Pemeriksaan elektrokardiogram  atau sering juga disebut elektrokardiografi adalah pemeriksaan kesehatan terhadap aktivitas eletrik (listrik) jantung.

“Pemeriksaan EKG biasanya hanya didapat pada pelayanan di rumah sakit ataupun dokter swasta. Namun untuk menghargai jasa para veteran kemerdekaan , kami dari IDI Gianyar memberikan langsung pelayanan EKG pada masyarakat dan gratis,” jelas dr. Rudi Susantha.

Dr. Rudi juga menambahkan, inilah komitmen mereka para dokter untuk membantu masyarakat. Bukan hanya uang yang mereka kejar, namun pengabdian dan pelayanan pada masyarakat dalam bentuk pengobatan gratis. Menurutnya, hidup itu harus bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Dijelaskan juga, selain pengobatan gratis anggota IDI Gianyar juga melakukan aksi tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kerta Kertya Mandala.

Pengobatan yang digelar IDI Cabang Gianyar ini banyak dimanfaatkan oleh para veteran, salah satunya adalah Ni Made Sekar istri dari alm. I Made Djapa asal Br. Teges Gianyar. Ni Made Sekar mengaku sering mengalami kesulitan saat berjalan dan beberapa keluhan penyakit lainnya, dan saat itu istri veteran ini langsung ditangani oleh dokter ahli saraf dan dokter spesialis penyakit dalam.  Menurut para dokter yang bertugas  memberikan pelayanan, selain pemeriksaan EKG maupun tes gula darah, kebanyakan keluhan veteran maupun masyarakat  yang mereka tangani adalah saat itu adalah persendian ngilu akibat cuaca dingin, dan batuk pilek. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .