01 July 2014

Ida Bagus Gaga Adi Saputra Terpilih Sebagai Ketua Kwartir Cabang Gianyar

Sekdakab Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kwartir Cabang Gianyar masa bhakti 2014 – 2019. Hal tersebut terungkap Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar yang dibuka oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Cokorda Gde Rai Widiarsa Pemayun di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, (29/6).

Dihubungi terpisah, Sekda Ida Bagus Gaga Adi Saputra menjelaskan pramuka sebagai pelajaran ekstra wajib selama ini merupakan sarana yang efektif dalam pengembangan pendidikan karakter. Gerakan Pramuka dapat dipercaya dalam menyelenggarakan Pendidikan Budi Pekerti kepada anak, untuk mengahasilkan generasi berkarakter. Kedepan tentunya gerakan kepramukaan yang mengalami masa jayanya diera tahun 80-96 dapat bangkit kembali di Kabupaten Gianyar.

Muscab tersebut dihadiri oleh 133 peserta yang berasal dari unsur camat, pimpinan Satuan Kerja (Saka), Ketua Kwartir Ranting (Kakwaran) se – Kabupaten Gianyar, utusan ranting, pelatih Pembina dan dewan kerja cabang. Sementara dari 133 peserta yang hadir tersebut, hanya 26 peserta yang memiliki hak suara yang berasal dari unsur 21 orang utusan ranting serta 5 orang utusan cabang dan dewan kerja.

Ketua Panitia, I Made Dana mengatakan tujuan pelaksanaan Muscab ini sebagai wadah bagi pengurus untuk menyampaikan pertanggungjawaban hasil kerja selama 2009 - 2014. Disamping itu, itu sebagai wahana  untuk menetapkan pengurus kwartir cabang Gianyar serta menyusun rencana kerja masa bhakti 2014 – 2019.

 “Dengan masuknya Gerakan Pramuka dalam kurikulum 2014, tentu kita harus menyusun program kerja yang sesuai dengan kurikulim tersebut,” terang I Made Dana.

Ketua Kwartir Cabang Gianyar masa bhakti 2009 – 2014, Gusti Ngurah Wijana mengatakan,  selama lima tahun kepemimpinannya beberapa program kerja yang sudah dilaksanakan diantaranya pembentukan Majelis Pembimbing Desa (Mabides). Bahkan, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gianyar merupakan yang pertama kali membentuk mabides. Mabides ini sendiri diketuai oleh Perbekel/Kepala Desa yang membawahi sekolah yang ada di wilayahnya.

“Beberapa kegiatan yang sifatnya pengabdian masyarakat termasuk orientasi melakukan pembinaan kepada kepala sekolah selaku Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus),” tetang Gusti Ngurah Wijana.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Cokorda Gde Rai Widiarsa Pemayun mengatakan, muscab merupakan salah satu amanat organisasi yang memiliki arti penting untuk dilakukan dalam rangka penyegaran organisasi. Selain itu, juga sebagai wahana untuk saling bertukar gagasan dan pendapat guna menemukan kesepakatan dalam merumuskan keputusan yang akan diambil.

“Dalam menyusun program kerja, pengalaman masa lalu perlu dipakai acuan dengan mempertimbangkan kondisi dan kemampuan organisasi saat ini serta kemungkinan perkembangan keadaan yang akan datang,” terang Cok Gde Rai Widiarsa. 

Ditambahkan Cok Gde Rai Widiarsa, peserta Muscab diharapkan mampu mengkaji dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam pembinaan dan pengembangan bidang pramuka di Kabupaten Gianyar. Selanjutnya, berdasarkan hasil idinetifikasi tersebut secara bersama – sama menacri solusi pemecahannya yang akan dijadikan dasar dalam menyusun program kerja ke depan. (Humas Gianyar/Set)

 

 

 

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .