08 August 2014

Ida Ayu Putu Sri Ambari, Komandoi Gianyar Menuju Kabupaten Layak Anak

Perjuangan Gianyar menuju  Kabupaten Layak Anak tidak terlepas dari peran Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Kabupaten Gianyar dibawah komando Ida Ayu Putu Sri Ambari, sebagai leading sektor. Sosok keibuan yang dikenal sangat peduli dengan anak-anak ini  harus  menguras tenaga dan pikiran untuk mendorong masyarakat dan pemerintah memenuhi seluruh hak anak, mulai dari hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi.

“Mewujudkan Gianyar menuju Kabupaten Layak Anak sebagai bentuk keseriusan Pemkab. Gianyar. Pada 9 Juli 2014 nanti akan dideklarasikan,” tegas Dayu Ambari.

Semua pelayanan publik yang berkaitan dengan anak mesti memberikan pelayanan yang ramah anak, sehingga anak-anak yang menerima pelayanan tersebut merasa aman, nyaman dan gembira.

Kendati masih memerlukan sejumlah pembenahan namun secara umum Kabupaten Gianyar sudah layak menyadang predikat sebagai kabupaten menuju layak, karena pemenuhan terhadap hak-hak anak sudah kita lakukan di Kabupaten Gianyar. Indikasinya Gianyar memiliki sumber daya manusia (SDM) anak maupun sarana yang mendukung kegiatan anak.

Pihaknya telah berupaya dalam mengembangkan kebijakan Kabupaten Layak Anak merujuk pada Konvensi   Anak yang dikelompokkan dalam 5 kluster, seperti   hak sipil dan kebebasan,  lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya  dan perlindungan khusus.

Tidak hanya itu, untuk melindungi hak-hak perempuan dan anak dari tindak kekerasan atau KDRT, Pemerintah Kabupaten Gianyar akan membentuk Forum Anak Daerah (FAD) dan rumah aman bagi perempuan dan anak korban KDRT.   Menurutnya, rumah aman ini dirasa perlu sebagai tempat perlindungan sementara, sembari menunggu proses penyelesaian masalah. (Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .