23 May 2017

Ibu Rumah Tangga Terima Ribuan Benih Cabai

Sebanyak 27.100 benih tanaman cabai rawit, (19/5) diserahkan  kepada TP PKK  pada lima desa untuk ditanam di pekarangan rumah  atau tegalan. Bantuan diserahkan Ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar Nyonya Surya Adnyani Mahayastra secara simbolis di Kantor Desa Lodtunduh Ubud.

Kelima TP PKK  tersebut adalah TP PKK Desa Saba Blahbatuh sebanyak 5.300 pohon, TP PKK Desa Batuan Sukawati sebanyak 6.200 pohon, TP PKK Desa Lodtunduh sebanyak 5.300 pohon, TP PKK Desa Sebatu sebanyak 5.100 pohon dan TP PKK Desa Serongga sebanyak 5.200 pohon.

Nyonya Surya Adnyani Mahayastra dalam kesempatan itu mengatakan, bantuan yang berasal dari Kementerian Pertanian melalui Dinas Petanian Kabupaten Gianyar ini diharapkan membantu meningkatkan pendapatan keluarga.

“Minimal ibu-ibu rumah tangga dapat menghemat biaya dapur yang dikeluarkan setiap harinya untuk pembelian bumbu atau cabai,” ujar Nyonya Surya Adnyani Mahayastra.

Ditambahkan, kegiatan ini juga akan berdampak positif  bagi penataan pekarangan sesuai dengan 10 program pokok PKK dalam Pokja III yaitu HATINYA PKK (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman melalui PKK).

“Kami berharap ibu-ibu dapat menanam, merawat  tanaman cabai dengan baik sehingga mendapatkan hasil yang berkualitas dan berkelanjutan,” imbuhnya seraya menambahkan bantuan ini bertahap untuk TP PKK desa lainnya.

Informasi  Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar menyebutkan, tanaman cabai rawit ini berasal dari varietas Cakra lokal  dan sudah bisa panen pada umur 120 hari. Setiap pohon bisa panen 1,5 – 2 kg setiap 1 minggu selama 1,5 tahun. Total populasi per hektar sebanyak 18.000 pohon dengan produktivitas 8 ton/hektar. (Humas/ww)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .