10 August 2017

Ibu Negara Borong Endek Pucuk

Rombongan istri menteri dari Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) kabinet kerja Jokowi-JK dipimpin Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Mufidah Jusuf serta didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika mengunjungi Dekranasda Kabupaten Gianyar, (10/8).

Kunjungan rombongan Ibu Negara ke Dekranasda Gianyar dilakukan setelah sebelumnya melakukan kunjungan ke Dekranasda Provinsi Bali. Rombongan Ibu Negara beserta OASE disambut ketua Dekranasda Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra di pabrik tenun Putri Ayu, Blahbatuh. Kunjungan ini berkaitan dengan program kerja OASE yang salah satunya memfokuskan pada bidang peningkatan kualitas keluarga yang program kerjanya meliputi Program Ekonomi Keluarga (UKM, meningkatkan keterampilan ibu-ibu dan kerajinan tangan).

Di pabrik tenun Putri Ayu, rombongan Ibu Negara menyaksikan secara langsung cara pengerjaan kain tenun serta  melihat produk-produk kain tenun di ruang pameran Putri Ayu. Ketua Dekranasda Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra menjelaskan kepada rombongan bahwa tenun Putri Ayu adalah salah satu binaannya. Ditambahkannya pula, selain memproduksi endek (kain tenun khas Bali) biasa, Putri Ayu juga didapuk oleh Dekranasda Gianyar memproduksi kain Endek Pucuk yang merupakan kain endek maskot Kabupaten Gianyar.

"Keistimewaan endek pucuk maskot Gianyar ini ada pada teknik pembuatannya yang mana merupakan kombinasi dari tenun, songket, dan airbrush," terang Ny. Surya Adnyani Mahayastra yang disimak dengan serius oleh rombongan.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga melaporkan beberapa kegiatan yang telah dilakukan Dekranasda Gianyar dalam upaya mengembangkan UKM diantaranya melakukan pembinaan kepada pelaku UKM, mengikuti pameran HUT Dekranasda di Jakarta, serta menampilkan kain produk lokal melalui berbagai fashion show. Mendengar penjelasan Ketua Dekranasda Gianyar tentang Endek Pucuk, rombongan Ibu Negara tertarik dan memborong produk Endek Pucuk di pabrik tenun Putri Ayu. Kain Endek Pucuk dengan berbagai warna yang menarik itu menjadi rebutan belasan istri pejabat negara tersebut. Dalam sekejap, stok kain endek pucuk ludes terjual.

Dari Putri Ayu, rombongan bertolak menuju Taman Safari dan terakhir beristirahat di Istana Kepresidenan Tampaksiring. Kunjungan Ibu Negara dan rombongan di Gianyar  berlangsung selama dua. (HumasGianyar/asti)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .