02 November 2015

HKN 2015, Kepakkan Derajat Kesehatan

Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Gianyar menggelar kegiatan kesehatan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 tahun 2015. Acara tersebut melibatkan semua insan, meliputi tenaga kesehatan, akademisi, siswa, dan pihak swasta. Momentum tersebut, diharapkan dapat dijadikan sebagai upaya untuk semakin mengepakkan sayap derajat kesehatan setinggi – tingginya di Kabupaten Gianyar.

Hal itu diungkapkan Kepala Diskes Kabupaten Gianyar Ida Ayu Dwi Cahyani di sela – sela pembukaan HKN Kabupaten Gianyar tahun 2015 di GOR Kebo Iwa Gianyar, (2/11).

Dayu Cahyani mengatakan, HKN tahun 2015 mengambil tema generasi cinta sehat siap membangun negeri. Ajakan tersebut dimaksudkan untuk menyasar kaum muda, dalam meningkatkan partisipasinya di bidang kesehatan.  Hidup sehat adalah pilihan, pengaruh keluarga, social, dan lingkungan sangat menentukan perilaku hidup sehat.”Sudah saatnya tinggalkan kebiasaan hidup yang tidak menyehatkan,”tekannya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, capaian Kabupaten Gianyar yang berhasil meraih predikat Kabupaten tersehat 2015 merupakan indikasi derajat kesehatan di Kabupaten Gianyar sangat tinggi. Mengungguli 497 Kabupaten di Indonesia. Penghragaan tersebut akan selalu dijadikan motivasi, dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Kabupaten Gianyar.”Peran masyarakat juga menentukan dalam hal ini,”kata dia.

Namun, ditengah kebanggaan itu, Dayu mengakui, ancaman penyakit berbahaya masih mengintai Kabupaten Gianyar, yaitu rabies dan demam berdarah (DB). Menanggulangi penyakit tersebut, dia mengajak masyarakat untuk waspada dan mengenal langkah pencegahan dini. Gotong royong di setiap banjar mesti diintensifkan, untuk mengurangi volume sampah yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Untuk rabies, sebaiknya masyarakat mengandangkan hewan peliharaan miliknya.”Vaksinasi akan terus kita galakkan,”kata Kadiskes.

Sementara, ketua panitia HKN Kabupaten Gianyar Anak Agung Gede Suputra mengatakan, kegiatan HKN dilaksanakan dari tanggal 16 Oktober – 14 November 2015. Rangkaian kegiatan diisi dengan tirta yatra ke Pura Silayukti, lomba cerdas cermat tingkat SMA/SMK, lomba poster kesehatan tingkat SD, pertandingan olahraga, seminar, kunjungan ke penderita gizi buruk, dan ke panti asuhan penyandang disabilitas, pemeriksaan IVA. (Humas Gianyar/Ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .