09 July 2015

Hindari Tumpang Tindih Pembangunan, Perlu Harmonisasi Pusat dan Daerah

Program-program strategis di tingkat pusat dan daerah diperlukan sinergitas, agar program-program yang bermanfaat bagi masyarakat dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Hal ini ditegaskan Bupati Gianyar Anak Agung Gde Agung Bharata saat rapat Koordinasi Harmonisasi Perencanaan Pembangunan Pusat dan Daerah di Kabupaten Gianyar, di ruang rapat Bappeda Kabupaten Gianyar,  (9/7).

Dalam rapat koordinasi dengan peserta para pejabat SKPD di lingkungan Pemkab. Gianyar dan  camat, menghadirkan narasumber dari Kementerian  Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional  (Bappenas) yakni Drs. I Dewa Gde Sugihamretha, MPM dan Drs. Sumedi Andono Mulyo, MA, PhD.

Dalam kesempatan itu Bupati Agung Bharata menekankan pentingnya harmonisasi perencanaan pembangunan pusat dan daerah sehingga perlu mendatangkan narasumber yang ahli dibidangnya untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada segenap aparatur pemerintah daerah di Kabupaten Gianyar yang dapat dijadikan bekal dan pedoman dalam pelaksanaan pembangunan Daerah.

“Harmonisasi sangat diperlukan agar tidak terjadi tumpang tindih kegiatan yang berakibat kurang efektifnya dalam pengelolaan anggaran pembangunan,” ujar Bupati Agung Bharata.

Kabupaten Gianyar sendiri , beberapa program strategis telah dikembangkan baik dalam bidang pembangunan sektoral serta pembangunan berbasis masyarakat seperti Program Pembangunan Siaga Desa Swatantra, Salon Desa dan Warung Desa serta program-program strategis lainnya yang sesuai dengan kebutuhan  dasar masyarakat.

Sementara pemaparan kedua nara sumber  menyampaikan beberapa poin penting antara lain : penentuan prioritas belanja RAPBD Kabupaten Gianyar tahun 2016 dan perencanaan pembangunan harus menggunakan standar, apakah akan menggunakan standar lokal, nasional serta regional atau tingkat dunia. kedua  tahapan-tahapan perencanaan pembangunan harus jelas, apa yang akan dilakukan jauh kedepan.  Ketiga,   budaya dan kinerja pembangunan, bila budaya kinerja baik maka kinerja pembangunan juga akan baik. Keempat perencanaan, penganggaran, pengadaan, pengendalian dan evaluasi, pertumbuhan ekonomi menjadi dasar perencanaan pembangunan Gianyar  ke depan,  serta  metode penetapan target-target pembangunan. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .