23 October 2014

Hindari Stres, Pemkab. Gianyar Datangkan dr. Djoko Riyadi Sp.BS

Otak merupakan bagian dari tubuh yang mengatur hampir seluruh mekanisme didalam tubuh manusia. Diotak terdapat jutaan syaraf yang salah satunya mengatur tentang emosi dari manusia. Hal ini dikatakan oleh Brigjen Purn. dr. Djoko Riyadi. Sp.BS  dari The Gatot Subroto Army Hospital Jakarta pada ceramah Pandangan Dokter Ahli Bedah Syaraf Tentang Pandangan Hidup Sehat dan Pikiran Kuat di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, (22/10).

Dihadapan para pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab. Gianyar, dr. Djoko Riyadi menjelaskan stress itu tidak dapat dihindari dan pasti akan pernah dialami manusia. Namun untuk mengendalikan agar stress tidak sampai menimbulkan suatu penyakit, kita harus mencari sumber penyebabnya dan bagaimana mengendalikannya.

Dr. Djoko Riyadi yang juga Ketua Kehormatan Asosiasi Ahli Bedah Syaraf Indonesia , mengatakan otak merupakan bagian terpenting dalam sistem anatomi tubuh manusia. Otak adalah mesin pengendali tubuh dan dalam otak terdapat jutaan syaraf mengatur mekanisme tubuh. Di otak ada substan yang bertanggungjawab mengendalikan emosi dan perasaan manusia. “Bagaimana otak mengendalikan stress dan perasaan, itu merupakan bagian yang sangat rumit dan menarik untuk diteliti,” kata dr. Djoko Riyadi. Sp.BS.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, dokter bedah syaraf ini tidak melarang makan daging, hanya ditekankan harus sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh, tidak boleh berlebihan. Banyak makan sayur dan buah, dan olah raga sangat dianjurkan. Selain itu yang terpenting adalah mampu mengontrol emosi. Caranya adalah saat kita dalam kondisi stres lupakan sejenak masalah dan carilah teman yang dipercaya untuk diajak sharing atau bertukar pikiran.

Sementara itu, Bupati Gianyar A.A Gde Agung Bharata mengucapkan banyak terimakasih atas kesediaan dr. Djoko Riyadi Sp.BS memberikan materi kiat-kiat hidup sehat pada pejabat di Lingkungan Pemkab. Gianyar.  Menurut Bupati Agung Bharata, kemungkinan seorang pejabat terkena stress sangat tinggi. Namun bagaimana stres ini tidak berkelanjutan dan menjadi stroke itulah yang harus ditanyakan pada dokter Djoko Riyadi. Untuk itulah bupati berharap para peserta tidak menyia-nyiakan kesempatan langka ini, karena dr. Djoko Riyadi merupakan dokter yang sangat ahli dibidangnya dan bahkan pernah bekerja sebagai dokter kepresidenan di Istana Negara.

Kadis Kesehatan dr. I.A Cahyani Widyawati M.Kes mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah agar peserta dapat memahami tentang penyakit tidak menular namun berbahaya, sehingga dapat menjalani hidup sehat dengan pikiran yang sehat.  Peserta berjumlah 68 orang terdiri dari Kepala SKPD, Camat  dan Kepala UPT Kesmas se-Kabupaten Gianyar. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .