25 June 2014

Hasil Penilaian Lapangan, Lalu Lintas di Gianyar Lancar

Kabupaten Gianyar mendapat pujian positif dari Tim Penilai  Wahana Tata Nugraha (WTN)  Pusat. Kehadiran tim penilai yang dipimpin oleh Ir.Djamal Subastian M.Sc ini untuk melakukan penilain di Kabupaten Gianyar sebagai salah satu kandidat penerima penghargaan Wahana Tata Nugraha tahun 2014.

Sekdakab. Gianyar I.B Gaga Adi Saputra pada acara Pemaparan Hasil Kunjungan Lapangan Lomba Tertib Lalu Lintas dan Angkutan Kota Tingkat Nasional 2014  di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, (24/6), menjelaskan, bahwa tahun 2013 Kabupaten Gianyar telah mendapatkan Tropy WTN katagori Lalu Lintas untuk Kota Kecil.  Tentunya untuk tahun ini, diharapkan tropi tersebut dapat dipertahankan kembali.

Untuk mempertahankan predikat yang telah diraih, Pemkab. Gianyar bersama seluruh pemangku kepentingan dibidang lalu lintas telah berupaya melakukan peningkatan kualitas sektor transportasi khususnya lalu lintas dan angkutan jalan. Program itu seperti pengadaan dan pemasangan Area Traffic Controlling Sistem (ATCS) yang dilengkapi dengan CCTV, membuat ruang pusat kendali traffic light di Kantor Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi, pemilihan awak  kendaraan umum teladan dan penyuluhan tentang keselamatan berlalu lintas.

Khusus tentang penyuluhan keselamatan berlalu lintas, I.B Gaga Adi Saputra sangat mengharapkan agar mulai saat ini dilatih kader- kader lalu lintas di tingkat sekolah, karena ini juga merupakan bagian dari ruang lingkup WTN.  Jika sosialisasi tertib lalu lintas sudah menyasar kesekolah, diharapkan kecelakaan dikalangan siswa dapat ditekan. “ Pelanggaran terbanyak biasanya dari kalangan siswa, tidak memiliki SIM atau berkendara tanpa helm adalah pelanggaran yang paling banyak,” Jelas I.B Gaga Adi Saputra.

Sementara itu Ketua Tim penilai Ir. Djamal Subastian, M.Sc  mengatakan, setelah melakukan penilaian ke lapangan sejak hari Sabtu (21/6) lalu pihaknya banyak melihat kemajuan yang positif tentang lalu lintas di Kabupaten Gianyar. Seperti dibeberapa ruas jalan parkir sudah mulai tertib, rambu lalu lintas sudah baik, pengendara motor sudah banyak yang  memakai helm berstandar SNI, dibeberpa tempat sarana bagi pengguna jalan seperti trotoar sudah sesuai dengan peruntukannya.  “ Ini merupakan point positif bagi penilaian nanti,” tegas Djamal Subastian.

Namun dari sekian banyak yang positif, Djamal Subastian juga memberi saran pada Pemkab. Gianyar agar lebih memperhatikan angkutan umum yang ada. Namun ia juga menyadari di daerah manapun yang namanya angkutan umum pasti bermasalah seperti kurangnya penumpang, kondisi mobil yang sudah tua hingga masalah tarif. Untuk kedepannya, ia berharap agar mendapat perhatian yang lebih baik lagi.

Pada kesempatan itu, Sekda I.B Gaga Adi Saputra juga menyerahkan Surat Keputusan Bupati Gianyar  Nomor 316/05-F/HK/2014 tanggal 16 Januari 2014 tentang Pembentukan Forum LLAJ di Kabupaten Gianyar. Surat keputusan ini diterima oleh Kadis Perhubungan Informasi dan Komunikasi, Cokorda Gde Agusnawa dan perwakilan dari Polres Gianyar.  forum ini merupakan sinergi dan wadah koordinasi antar pemangku kepentingan di bidang lalu lintas, untuk membahas permasalahan dan mencarikan solusi terkait dengan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. (Humas Gianyar/eni)  

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .