12 May 2014

Hash House Hariers Ajang Promosi Pariwisata Gianyar

Ribuan peserta Hash House Hariers (HHH) memadati halaman parkir Pura Tirta Empul Tampaksiring guna mengikuti Wonderful Adventure Indonesia Asia Pasifik (WAI Aspac) 2014. Ajang yang dilaksanakan pertama kalinya di Bali ini dibuka oleh Asisten I Setda Kabupaten Gianyar, Cokorda Gde Rai Widiarsa P di lapangan Parkir Pura Tirta Empul, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, (10/5).

Cok Rai dalam sambutannya mengatakan HHH yang merupakan media persahabatan, hobi, olahraga dan juga media pecinta alam ini melibatkan 21 negara dan diikuti sekitar 1.983 peserta. Banyaknya negara yang terlibat merupakan kebanggaan bagi Gianyar sebagai tuan rumah. HHH bisa dijadikan ajang promosi pariwisata Gianyar. “Kami sangat antusias dengan kegiatan ini, semoga HHH bisa bermanfaat bagi pariwisata Gianyar”, terang Cok Rai.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, A.A Ari Brahmanta bahwa ajang seperti ini akan selalu disambut baik Pemkab. Gianyar karena secara tidak langsung HHH bisa dijadikan ajang promosi pariwisata dan lintas sektor di Gianyar. Diakui selama ini promosi media online, lebih menguntungkan beberapa kalangan saja. Kedepan ajang-ajang seperti ini akan selalu dioptimalkan agar penduduk lokal bisa juga menikmati hasilnya. Karena kegiatan HHH merupakan sebuah bentuk olahraga rekreasi yang berbentuk aktivitas jalan dan lari mengikuti petunjuk serpihan kertas (paper trail) yang disebar atau dengan taburan tepung dengan jarak tertentu. Lokasinya dilakukan di daerah yang masih alami. Bisa di kawasan perdesaan, sawah, perbukitan atau daerah jalan desa. Saat itu penduduk bisa memperkenalkan berbagai kegiatan budaya penduduk setempat. “Kedepan jika kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan, apalagi seperti saat ini lebih dari 4 hari, kemungkinan pengembangan Desa Wisata bisa optimal. Peserta bisa menginap di berbagai penginapan maupun rumah warga”, cetusnya.

Koordinator peserta, Murugan asal Malaysia mengatakan kegiatan ini selalu berlanjut, mulai dari Bali, kepulauan Komodo hingga Papua Nugini. Sedangkan peserta asal Malaysia yang ikut bisa lebih dari 1.000 orang. Rute untuk (WAI : Aspac) 2014  terbagi menjadi tiga kategori. Yakni jarak pendek dengan jarak tempuh 5 km, mulai dari tempat parkir Pura Tirta Empul menuju banjar Basang Ambu, Pura Pucak Tegeh Tengah Banjar Manukaya Kecamatan Tampaksiring dan kembali ke awal. Rute menengah dengan jarak tempuh 7 km, mulai dari parkir Pura Tirta Empul menuju Banjar Basang Ambu, Banjar Manukaya Anyar Kecamatan Tampaksiring dan kembali ke tempat parkir Tirta Empul. Rute panjang, dengan jarak tempuh 10 Km, mulai dari tempat parkir Pura Tirta Empul menuju Banjar Basang Ambu, Manukaya Anyar, Kecamatan Tampaksiring, berlanjut ke Banjar Calo, Desa Pupuan, Pura Gunung Kawi Desa Sebatu Kecamatan Tegallalang  dan kembali ke tempat parkir Pura Tirta Empul. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .