22 January 2017

Hari Saraswati, Wabup Mahayastra Hadiri Ngeresigana SMK Pariwisata Budaya Bedulu

Saniscara Umanis Watugunung (21/1) bertepatan dengan Hari Saraswati, SMK Pariwisata Budaya dan SMP Tri Mandala, Bedulu menggelar Karya Ngeresigana, Melaspas, dan Ngenteg Linggih. Upacara tersebut digelar di halaman sekolah setempat dengan dihadiri seluruh warga sekolah. Hadir pula Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta dan Wakil Bupati Gianyar Made Mahayastra, serta ketua DPRD Gianyar Wayan Tagel Winarta, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, dan beberapa undangan lainnya.

Kepala sekolah SMK Pariwisata Budaya Bedulu, Desak Made Sriadhi mengatakan, upacara ini digelar terkait dengan rampungnya pembangunan gedung baru yang diperuntukkan sebagai ruang kelas dan kantor. Karya Ngeresi Gana, Melaspas, dan Ngenteg Linggih ini di-puput oleh Ida Pedanda Munik dari Geria Sanding.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra menyerahkan punia yang diterima panitia karya setempat. Terkait karya yang digelar, Wabup Mahayastra menyampaikan harapan agar hal tersebut berdampak pada suasana belajar mengajar yang semakin baik ke depannya. Karya atau yadnya yang dilakukan dengan ketulusan dan keikhlasan akan menjadikan segala sesuatu yang tidak baik menjadi baik.

Sebelumnya, Wabup Mahayastra juga menghadiri undangan pasemotanan Bali Mula terkait piodalan Ratu Kawitan Bali Mula di Pura Dadia Bali Mula, Banjar Cagaan, Pejeng Kangin. Piodalan tersebut juga dirangkai dengan upacara pawintenan mangku pura dadia setempat. Wabup Mahayastra menyerahkan punia yang diterima oleh Kelian Dadia Bali Mula didampingi Perbekel Pejeng Kangin, Bendesa Cagaan dan Kelian Cagaan.

Perbekel Pejeng Kangin, Gede Purnadi Yoga mengapresiasi pelaksanaan pawintenan pemangku oleh pasemotanan Bali Mula yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Saraswati, hari ilmu pengetahuan. Menurutnya acara pawintenan ini sudah sangat ditunggu-tunggu pasemetonan Bali Mula. “Sebab kurang lebih lima tahun tidak ada pemangku pengganti setelah Jro Mangku yang dulu lebar (meninggal), sekarang akhirnya ada penyeledi dari keturunan Jro Mangku terdahulu,” ujarnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan persembahyangan bersama. (Humas)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .