14 April 2015

Hari Pertama UN di Gianyar Berlangsung Lancar

Ada yang berbeda dari pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun ini. Pasalnya, UN  tidak lagi menjadi syarat kelulusan, tetapi mengutamakan  UN yang berintegritas. Hal ini disampaikan Auditor Madya Inspektorat Jendral Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Candra Irawan didampingi Kepala Disdikpora Kabupaten Gianyar  Dewa Gde Alit Mudiarta, saat meninjau pelaksanaan UN pada hari pertama di SMA Negeri 1 Gianyar, (13/4).

“UN tahun 2015 akan menjadi alat ukur dalam menghitung indeks integritas sekolah. Indeks tersebut akan memperlihatkan seberapa jujur sekolah dalam melaksanakan UN,” ujar Candra Irawan.

Dikatakan, berbicara tentang pendidikan bukan hanya bicara komponen akademis, tapi juga komponen integritas. Indeks integritas ini diharapkan dapat mengirim pesan kepada semua pelaku pendidikan bahwa jika ingin nilai hasil UN siswa berwibawa, maka sekolah harus jujur.

Semakin besar indeks integritas, maka kejujuran di sekolah tersebut semakin tinggi. Indeks integritas juga akan menjadi nilai tersendiri bagi setiap sekolah. Karena masyarakat tidak lagi menjadikan angka UN sebagai patokan dalam memilih sekolah, melainkan indeks integritasnya.

Ditambahkan, dengan tidak dijadikan UN sebagai syarat kelulusan, maka tingkat kecemasan siswa menghadapi UN juga menurun dan diharapkan dapat menanamkan perilaku siswa bahwa mengikuti UN itu adalah semangat untuk mendapatkan prestasi yang baik.

Sementara Kepala Disdikpora Dewa Gde Alit Mudiarta menambahkan,  tahun ini kelulusan 100 persen ditentukan oleh sekolah. Sementara yang dinilai adalah seluruh mata pelajaran termasuk perilaku siswa.

Dikatakan, tahun ini di Gianyar tercatat  2.544 siswa dari 15 SMA dan 4.481 siswa dari  27 SMK mengikuti UN. Namun, berdasarkan laporan ada 4 siswa yang tidak bisa ikut ujian karena sakit yakni siswa SMK PGRI Payangan.

“Kita akan cek, kalau memang sakit maka akan ada ujian susulan,” terang Dewa Alit Mudiarta.

Hasil pantauan, pelaksanaan UN 2015 dihari pertama di Kabupaten Gianyar berjalan dengan lancar. seperti pantauan di SMA Negeri 1 Gianyar dan SMK Negeri Gianyar. Siswa begitu khidmat saat mengerjakan soal ujian.

Kepsek SMAN 1 Gianyar, I Made Sudama mengaku selama persiapan sampai pelaksanaan hari ini tidak ada kendala yang berarti.

"Semua berjalan lancar, begitu pula terkait soal tidak ada yang kekurangan," katanya. (Humas Gianyar/ww)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .