14 September 2014

Gugus SD Salah Satu Upaya Meningkatkan Mutu dan Layanan Pendidikan

SD Negeri (SDN) 4 Guwang, Kecamatan Sukawati mewakili Kabupaten Gianyar dalam Lomba Gugus SD Tingkat Provinsi Bali. Penilaian dilaksanakan di halaman SDN 4 Guwang, (13/9). Tim penilai dipimpin oleh I Ketut Subrata, disambut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Kab. Gianyar, I Dewa Alit Mudiartha, beserta perwakilan Ketua DPRD Gianyar Muspika Sukawati, dan Kepala SD se-Kecamatan Sukawati.

Kepala Sekolah SDN 4 Guwang, Ida Bagus Sari mengatakan SDN 4 Guwang merupakan SD inti dari Gugus IV Sukawati, yang terdiri dari 1 SD inti dan 6 SD imbas (SD 1,2,3 Guwang dan SD 1,2,3 Batubulan Kangin). Dipilihnya SDN 4 Guwang sebagai duta Kab. Gianyar telah melalui proses seleksi yang ketat dari tingkat Kecamatan, hingga menjadi wakil di TK Provinsi. Hal tersebut tak terlepas dari kesigapan dalam menyinergikan aspek - aspek kegiatan Gugus IV yang meliputi manajemen, partisan masyarakat, sarana Prasarana Sekolah, Sistem Pembinaan professional (SPP), serta kegiatan Belajar mengajar (KBM).”Kami (Gugus IV) mempunyai visi dan misi Maju Bersama agar Mandiri dan Berkualitas.”tegasnya.

Lebih lanjut Ida Bagus Sari memaparkan beberapa prestasi yang telah diraih oleh Gugus IV, yaitu Juara I Lomba Kepsek Berprestasi TK Kecamatan, Juara I Lomba pengelolaan kelas 2 TK kecamatan, Juara I siswa teladan putra TK Kabupaten, Juara I Dokter Kecil TK Provinsi, Juara I putea Tenis meja Porseni TK kabupaten, dan banyak lagi prestasi lainnya yang tidak kalah membanggakan.

Ketua Tim Penilai, I Nyoman Subrata mengungkapkan kekagumannya atas dedikasi yang tinggi dari Duta Gianyar yang mengikuti Lomba Gugus SD ini. Begitu strategisnya keadaan Gugus dalam upaya peningkatan profesionalisme guru SD, maka gugus harus dimanfaatkan secara maksimal, antara lain sebagai prasarana pembinaan professional tenaga pendidik, wahana penyebaran informasi dan inovasi dalam bidang pendidikan, wahana menumbuhkan kompetisi yang sehat di kalangan anggota Gugus SD, wadah pengendalian jiwa persatuan dan kesatuan. Adapun aspek yang akan dinilai meliputi Bidang Manajemen Gugus, Bidang manajemen sekolah, Bidang KBM Kelas Tinggi, Bidang KBM Kelas Rendah, Bidang Sarana dan Prasarana, Bidang Partisipasi Masyarakat. “Melihat sekilas persiapan dari Duta Gianyar, semoga Kabupaten Gianyar berhasil menjadi juara dan mewakili Lomba Gugus SD di tingkat Nasional nantinya.”ucap Subrata.

Kadisdikpora Kabupaten Gianyar, Dewa Alit Mudiarta mewakili Bupati Gianyar, menyambut baik terlaksananya lomba ini. Hal ini merupakan salah satu upaya meningkatkan mutu dan layanan Pendidikan. Pembentukan Gugus SD bertujuan memantapkan koordinasi dan manajemen sekolah, kerjasama antar SD, dan menumbuh kembangkan pendidikan anak usia dini. Melalui lomba ini, diharapkan peserta didik tidak hanya cerdas dalam prestasi sekolah, tapi juga memiliki perilaku dan budi pekerti yang luhur.”Harapan sebagai yang terbaik tentunya menjadi sebuah kehormatan bagi kami seluruh keluarga besar SDN 4 Guwang dan Pemkab Gianyar.”ucapnya.

Dewa Alit menjelaskan Pemerintah saat ini telah melaksanakan berbagai program reformasi pendidikan, seperti penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan pelaksanaan Kurikulum 2013. Untuk meningkatkan kuantitas tenaga pengajar telah dilakukan penambahan jumlah guru negeri secara bertahap.”Profesionalisme tenaga pendidik dioptimalkan melalui sertifikasi guru dan peningkatan kualifikasi guru yang belum memiliki strata D4 atau S1.” terang Dewa Alit. (Humas Gianyar/ari)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .