24 August 2015

Gugus PAUD III Melati Kecamatan Sukawati Wakili Gianyar Lomba Apresiasi Gugus PAUD Berprestasi 2015

Gugus PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini) III Melati Kecamatan Sukawati yang merupakan duta Kabupaten Gianyar dalam Lomba Apresiasi Gugus PAUD Berprestasi Tingkat Provinsi Bali Tahun 2015 dinilai. Rombongan Tim Penilai diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gianyar, Dewa Alit Mudhiarta, Ketua DPC GOPTKI Kabupaten Gianyar, Ny. Ambari Gaga Adi Saputra di TK Widya Sasaswati, Desa Kemenuh, (21/8).

Ketua Tim Penilai, Made Dharmayatni Dyani, S.Pd mengatakan, pendidikan usia dini merupakan periode perkembangan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Perkembangan tersebut bukan hanya pada aspek kecerdasan tetapi pada semua aspek perkembangan yang mencangkup moral, spiritual, fisik motorik, sosial emosional, bahasa dan estetika. Sejalan dengan itu, peningkatan kompetensi dan kapasitas pendidik PAUD menjadi tuntutan yang tidak dapat diabaikan. Secara umum Gugus PAUD bertujuan untuk menigkatkan kinerja pendidikan, guru dan tenaga pendidik dalam mengelola  program PAUD secara professional yang efisien dan efektif.

“Lomba apresiasi ini merupakan salah satu strategi untuk pengembangan Gugus PAUD itu sendiri dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan,” terang Dharmayatni Dyani.

Dharmayatni Dyani menambahkan, dalam Lomba Apresiasi Gugus PAUD Berprestasi ini terdapat tiga kategori penilaian yakni, administrasi, prestasi serta kreatifitas. Dalam hal ini kreatifitas mempunyai peran yang sangat penting mencakup kreatifitas anak, tenaga pendidik serta peran serta orang tua. Untuk kesiapan dalam mengikuti lomba, dikatakan Kabupaten Gianyar mempunyai kesiapan yang maksimal. Sebagai daerah pariwisata Lembaga PAUD yang dimiliki Kabupaten Gianyar dan tenaga pendidiknya sudah maju.

Kadisdikpora Kabupaten Gianyar, Dewa Alit Mudhiarta mengatakan, sangat mengapresiasi terlaksananya Lomba Apresiasi Gugus PAUD Berprestasi karena berdampak positif pada pengembangan pendidikan, pengetahuan dan kepribadian anak. Hal ini juga sebagai wujud keseriusan Pemkab. Gianyar untuk menjadikan Kabupaten Gianyar sebagai Kabupaten Layak Anak. Dimana pada tahun 2015 telah mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Madya dari Presiden.

“Pendidikan PAUD yang berkualitas akan bermuara pada peningkatan kualitas pendidikan,” terang Alit Mudhiarta.

Ketua Gugus PAUD III Melati Kecamatan Sukawati, Nyoman Karini, S.Pd mengatakan, Gugus PAUD III Melati Kecamatan Sukawati berdiri tanggal 12 Oktober 2012 terdiri dari 6 lembaga TK dan 2 lembaga Kelompok Belajar. Sedangkan untuk jumlah siswanya sebanyak 264 orang terdiri dari, laki – laki 147 orang dan perempuan 117 orang dengan tenaga pengajar sebanyak 31 orang. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .