26 April 2016

Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Gianyar 2016

Setelah melewati berbagai seleksi, Putu Ratih Aristia Dewi dan Pande Putu Dwi Novingga Artha terpilih menjadi Jegeg Bagus  Duta Pariwisata Kabupaten Gianyar 2016. Hal tersebut terungkap saat acara Grand Final pemilihan Jegeg Bagus Gianyar, di panggung terbuka Balai Budaya Gianyar, (23/4).

Grand Final yang dilaksanakan di panggung terbuka Balai Budaya Gianyar dihadiri ketua DPRD Kabupaten Gianyar, jajaran pejabat di lingkungan SKPD Kabupeten Gianyar, undangan, para sporter dari masing-masing finalis serta masyarakat Gianyar. Acara yang dibuka Asisten I Setda Kabupaten Gianyar juga diisi berbagai hiburan, seperti penampilan penyanyi Mang Puspa, Ocha yang diiringi musik dari Bona Alit, lawak dan acara dikemas spektakuler alumni Jegeg Bagus Gianyar yang tergabung dalam Semeton Jegeg Bagus Gianyar (Sejebag). 

Terpilihnya Putu Ratih Aristia Dewi dan Pande Putu Dwi Novingga Artha menjadi Jegeg dan Bagus Gianyar diputuskan oleh sembilan orang anggota tim juri yang terdiri dari Tjokorda Trisnu Yudana, Prof. DR. I Nyoman Weda Kusuma, DR. I Nyoman Madiun, Tjok Gde Abinanda Sukawati, Ni Ketut Friska laprina Rudana, I Gusti Ayu Wimas M. Blanco, Ni Made Ras Amanda, Irma Christanti dan Ni Kadek Winnie Kaori Intan Mahkota. “Pada Awal seleksi hingga acara Grand Final, kedua finalis ini memang mampu menjawab pertanyaan dari dewan juri, mereka juga mampu menyisihkan 286 peserta awal dan mampu menyisihkan 10 pasang finalis yang memiliki kemampuan yang baik,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, A.A. Dalem Jagathita, seusai acara, di Balai Budaya Gianyar.

Acara Grand Final merupakan tahapan akhir seleksi Jegeg Bagus Gianyar dan memilih dua orang, seorang sebagai Jegeg dan seorang sebagai Bagus. Pasangan yang lolos telah mengikuti tiga kali sekelsi, seleksi pertama memilih 30 pasang, seleksi kedua memilih 20 pasang dan seleksi 13 Maret 2016 memilih 10 pasang finalis. Selanjutnya yang lolos sepuluh besar juga telah mengikuti berbagai pembekalan, seperti koreografi serta materi dan telah melalui proses penjurian 21 April lalu. “Kami ucapkan terimakasih kepada Bupati Gianyar, Wakil Bupati Gianyar, DPRD Gianyar, sponsor, Pembina, narasumber, masyarakat Gianyar serta semua pihak yang telah membantu kegiatan ini,”imbuhnya.   

Lebih lanjut, A.A. Dalem Jagathita juga mengatakan pemilihan Jegeg Bagus Duta Pariwisata gianyar merupakan media meningkatkan peran generasi muda dalam membangun Gianyar. Acara pemilihan Jegeg Bagus Gianyar juga diupayakan bisa menjadi media kreatifitas serta semangat diri generasi muda agar lebih profesional. Tema Mandharaning Yuga Murwa Loka merupakan usaha membangkitkan kejayaan daerah tengah, yakni masa kejayaan kerajaan Gianyar yang berpusat pada pelestarian budaya hingga kini. Sehingga ajang ini mampu memberi kontribusi terhadap perkembangan pariwisata di Ganyar.

Senada yang diungkapkan Bagus Gianyar, Pande Putu Dwi Novingga Artha asal Gianyar kalau dirinya sangat bersyukur bisa terpilih menjadi Bagus Gianyar 2016. Kedepan ia ingin memajukan pariwisata Gianyar agar bisa bermamfaat bagi warga Gianyar. Jegeg Gianyar 2016, Putu Ratih Aristia Dewi mengatakan ia senang bisa terpilih dan akan berusaha menjadi yang terbaik dalam ajang serupa di Provinsi Bali. “Saya akan berbuat maksimal untuk Gianyar kedepan,”ungkap Jegeg asal Sukawati tersebut.

Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Cokorda Gde Agusnawa mengapresiasi kegiatan ini,Bupati berharap kegiatan ini bisa dijadikan media yang mampu melahirkan generasi  monsosialisasikan potensi pariwisata Gianyar. Apalagi kegiatan ini juga dihadiri Mojang Jejaka Kota Bandung, Bujang Gadis Kota Palembang, Cak Ning Surabaya, serta Jegeg Bagus se-Bali. “Saya ucapkan selamat ke para pemenang dan juara buka tujuan, namun media ini bisa dijadikan ajang dalam membangun Gianyar di berbagai bidang,” ucap Cok Agusnawa. (Humas Gianyar/Suar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .