29 April 2014

Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Gianyar 2014

Malam Grand  Final Pemilihan Jegeg Bagus Duta Pariwisata Kabupaten Gianyar 2014, di Open Stage Balai Budaya, menjadi penutup kegiatan serangkaian HUT Kota Gianyar ke-243, (28/4).  I Made Artha Yasa dan Luh Putu Dewi Pradnyanitya Pastini, dinobatkan sebagai Jegeg Bagus Gianyar 2014.

Pemilihan Jegeg Bagus dibuka Asisten II Pemkab. Gianyar I Ketut Suweta berlangsung semarak, dengan diselingi  penampilan penyanyi Ocha,  Bondres Dadong Rerod bersama Susi, diiringi alunan musik Sanggar Bona Alit. Mereka menghibur peserta dan penonton yang tengah berdebar-debar menanti hasil penilaian.

Setelah para finalis adu kebolehan, dewan juri memilih lima Jegeg dan lima Bagus. Di babak kedua, mereka diharuskan menjawab pertanyaan yang mereka pilih sendiri. Umumnya para finalis menjawab pertanyaan dengan lancar dan cerdas. Pertanyaan yang dibacakan host Agung Wirasutha adalah seputar seni, budaya dan pariwisata Gianyar.

Para juri pun memilih 3 Jegeg dan 3 Bagus untuk beradu kebolehan di babak final. Mereka kembali dicerca dengan sejumlah perta­nyaan. Kali ini pertanyaan diberikan Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Nyonya Surya Adnyani Mahayastra kepada peserta Jegeg, tentang kiat memajukan pariwisata Kabupaten Gianyar. Sementara untuk Bagus, pertanyaan diberikan I Ketut Suweta, seputar cara mempertahankan pertanian ditengah perkembangan pariwisata. Pertanyaan pun dijawab dengan lancar oleh para finalis.

Persaingan antara finalis sangat ketat, namun akhirnya dewan juri memilih Jegeg dan Bagus Duta Pariwisata Gianyar. Juara pertama Jegeg adalah Luh Putu Dewi Pradnyanitya Pastini, siswi SMA Negeri 1 Gianyar asal Pering, Blahbatuh, sedangkan juara pertama Bagus adalah  I Made Artha Yasa, mahasiwa IHDN Denpasar asal, Peliatan Ubud. Mereka pun dinobatkan sebagai Jegeg Bagus Duta Pariwisata Gianyar 2014

Hasil selengkapnya untuk Jegeg yakni, Runner up 1 diraih Luh Gd. Manik Radzena Martha,  runner up II Ni Wayan Ratni. Untuk Bagus sebagai runner up I diraih Dewa Wahyu Jati Pradnyana dan runner II diraih Putu Dicky Ramadhana.

I Ketut Suweta mengatakan, pemilihan Jegeg Bagus merupakan upaya positif dalam mengembangkan kreasi dan inovasi bagi generasi muda, untuk meningkatkan serta memantapkan eksistensi dan perannya dalam pembangunan. Para peserta Jegeg Bagus   diharapkan menjadi duta-duta wisata mengingat Gianyar sebagai i destinasi pariwisata nasional dan internasional.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata A.A. Ari Brahmanta mengatakan, ajang ini tidak sekedar memilih paras cantik dan ganteng saja  namun diharapkan menjadi wakil/duta yang terbaik untuk  diikutsertakan dalam Grand Final tingkat Provinsi Bali. Selain itu, sebagai upaya meningkatkan peranan generasi muda dalam mensukseskan kunjungan wisata, sekaligus berperan aktif dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik. 

Ajang pemilihan Jegeg Bagus di Kabupaten Gianyar mulai dilaksanakan sejak tahun 2005. Para peserta berasal dari SMA/SMK, perguruan tinggi, sekaa teruna-teruni, dan umum dengan usia 16-24 tahun. Secara umum penilaian seputar pengetahuan umum, penampilan, kepribadian, keterampilan dan lainnya.  (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .