21 May 2019

Giliran Pejeng Kangin Dijatah 1 Truk Sampah

Bupati Gianyar semakin serius menunjukkan komitmennya dalam menanggulangi sampah di seluruh titik desa di Kabupaten Gianyar. Hal tersebut dibuktikan dengan memberikan bantuan truk sampah secara bertahap ke setiap desa di Kabupaten Gianyar. 

Kali ini giliran Desa Pejeng Kangin memperoleh bantuan hibah 1 unit truk sampah. Penyerahan dilaksanakan di Balai Banjar Pengembungan, Desa Pejeng Kangin, Kecamatan Tampaksiring, (20/5). 

Bupati Gianyar Made Mahayastra mengatakan, progres dari desa Pejeng Kangin dalam memajukan kualitas wilayahnya sangat positif. Khususnya, keinginan kuat Desa Pejeng Kangin dalam mengembangkan status desa wisata. Tentunya, kebersihan menjadi pilar utama untuk mewujudkan itu. Dia menilai,  gairah Perbekel dan masyarakatnya sangat luar biasa dalam memberantas sampah.”Langsung saya hadiahkan truk sampah,”ucapnya. 

Bupati menekankan keseriusannya dalam membereskan masalah sampah di setiap titik secara keseluruhan. Dimulai dari desa ke desa. Maka diperlukan fasilitas penunjang yang memadai. Harapannya, dengan adanya tambahan truk sampah ini, dapat semakin memaksimalkan kinerja aparat desa untuk menciptakan lingkungan asri dan bersih. 

“Prinsip saya, masalah sampah harus terbagi habis di desa setempat. Agar tidak sampai ke kabupaten. Akan repot kita, kalau semua dibebankan ke Pemda. Lebih baik, saya kasi truk ke desa, lalu mereka yang mempertanggung jawabkan. Tapi saya beri waktu 2 tahun, harus bagus ya hasilnya,kalau tidak, nanti saya tarik lagi”ujar Bupati. 

Perbekel Pejeng Kangin I Gede Purnadi Yoga menyambut hangat bantuan yang diberikan oleh Bupati Gianyar. Proses pengajuannya pun diraihnya dengan sangat kilat. Sehingga, pihaknya merasa sangat terbantu dengan cepat tanggapnya Bupati.”Saya menghadap beliau ditemani ketua DPRD, sampaikan komitmen, cespleng, bantuan langsung cair,”kata dia. 

Adapun, lanjut Purnadi, Desa Pejeng Kangin saat ini sangat serius ingin mengembangkan status desa wisata. Sebab, terdapat 50 persen areal persawahan yang masih asri, ditunjang dengan berdirinya hotel, villa, dan homestay di sekitarnya. Terdapat 8 banjar di Desa Pejeng Kangin, yaitu Cagan Kelod, Cagan, Pesalakan, Pengembungan, Cemadik, TegalSat, Uma Kuta, Uma Rawa.

Purnadi mengatakan, terkait pengeolaan sampah, saat ini baru dua banjar yang menjadi pilot projecting yaitu Cagan dan Pengembungan. Target ke depannya, seluruh banjar sudah mempunyai bank sampah, dan penanganan sampah secara terpadu. 

“Setiap hari minggu, ibu-ibu gotong royong bawa sampah, disetor, ditimbang, disambut sekaa teruna untuk memilah dan mengelolanya. Desa Pejeng Kangin juga mendapat nilai verifikasi tertinggi dalam penilaian desa wisata,”pungkasnya

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .