23 March 2015

Gianyar Sabet Government Award 2015 Untuk Kategori Pendidikan

Menyambut Hari Raya Nyepi, Pemkab. Gianyar mendapatkan hadiah istimewa. Pasalnya pada Kamis (19/3) malam di Ballroom The Sultan Hotel Jakarta, Pemkab. Gianyar sukses menyabet penghargaan Government Award 2015 dari Sindo Weekly untuk kategori pendidikan. Penghargaan diterima Sekda Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra dari Sekretaris Jenderal Kemendagri Yuswandi Temenggung didampingi Sururi Al Faruq selaku Pemimpin Redaksi Sindo Weekly.

Kabupaten Gianyar menjadi satu-satunya kabupaten di Propinsi Bali yang meraih Government Award.  Selain Pemkab. Gianyar, terdapat 38 Kabupaten/Kota penerima lainnya di seluruh Indonesia dengan kategori berbeda. 

Pemkab. Gianyar dinilai memiliki komitmen tinggi dalam upaya memajukan pendidikan dalam berbagai program dan inovasi. Penghargaan ini tak lepas dari langkah Pemkab. Gianyar dalam upaya memoles dunia pendidikan. Termasuk menjadikan Gianyar sebagai kabupaten pertama yang mempunyai Perda Pendidikan. Aturan inilah yang memberikan keleluasaan bagi Pemkab. Gianyar menggenjot sektor pendidikan, termasuk dalam hal pendanaan, dengan gelontoran anggaran mencapai 20 persen dari APBD.

Sokongan dana dan terobosan itu pula  membuat sekolah memiliki peluang berinovasi guna mencetak siswa-siswi berprestasi. Tak heran, para siswa dari Gianyar secara rutin berhasil mengukir prestasi dalam lomba skala nasional hingga internasional. Salah satunya menjadi juara pada Olimpiade Sains tingkat Asia Pasifik yang digelar di India 2011 silam.

Tidak itu saja, dengan perhatian yang tinggi,  pertumbuhan sekolah kejuruan pun meningkat. Sebab sampai saat ini di Gianyar sendiri sudah ada 25 sekolah kejuruan seperti bidang seni budaya, multimedia, hingga perhotelan, termasuk juga 15 sekolah level SMA.

Dalam pembangunan bidang pendidikan,  Pemkab. Gianyar belum lama ini juga mendirikan pesraman Bhineka Tunggal Ika. Pendirian ini sekaligus menyemai bibit kerukunan, mengingat pelajar dalam pesraman ini dihimpun dari beragam agama.

Terkait dengan raihan itu, Sekkab Gianyar, IB Gaga Adi Saputra menyatakan, raihan tersebut diharapkan dapat menambah motivasi Pemkab. Gianyar dalam memajukan iklim pendidikan. “Penghargaan bukanlah tujuan utama, terpenting kualitas pendidikan bisa meningkat” katanya.

Ketua Tim Redaksi Sindo Weekly Prof. Dr. Sudarsono Hardjosoekarto menjelaskan, tujuan penghargaan untuk memberikan dorongan dan motivasi kepada daeah maupun kepala daerah dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab demi peningkatan kualitas daerah masing-masing yang pada ujungnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terdapat 17 kategori government award yang diperebutkan. Penentuan penilaian ini pun dilakukan  tim redaksi Sindo Weekly yang diawali dengan riset dari berbagai referensi. Selanjutnya dari riset tersebut, masing-masing kategori dipilih tiga nominator yang berlanjut dengan tahap pengamatan ke beberapa daerah sejak Agustus 2014  yang menjadi nominator. (Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .