05 January 2012

Gianyar Raih Penghargaan Upakarti dan Kreasi Prima Mutu

Setelah sukses mendulang berbagai penghargaan ditahun 2011, mengawali Tahun 2012 Pemerinntah Kabupaten Gianyar meraih penghargaan Upakarti  2011 untuk katagori jasa kepedulian. Penghargaan diserahkan langsung Presiden RI, Dr. H Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta (5/1).

Selain menerima penghargaan Upakarti, satu enterprenuer asal Gianyar, yakni  UD. Putri Ayu meraih penghargaan nasional Kreasi Prima Mutu. Keberhasilan Kabupaten dan enterprenuer Gianyar meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional merupakan kado tahun baru dan sekaligus motivasi atas seluruh kerja keras masyarakat Gianyar mewujudkan industri kreatif dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini tentunya sejalan dengan arah kebijakan Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam mendorong pembangunan industri kreatif di wilayah Kabupaten Gianyar, ungkap Bupati Gianyar selepas menerima penghargaan didampingan Kadis Perindag, I Wayan Suamba.

Bupati Gianyar menambahkan Upakarti merupakan penghargaan tingkat nasional atas prestasi Gianyar dalam pengembangan industri kecil dan menengah di wilayah Gianyar. Dalam pemberdayaan terhadap pengembangan IKM diwujudkan dalam program peningkatan Suprastruktur, Infrastruktur dan Sumber Daya Manusia. Bidang Suprastruktur dengan menerbitkan berbagai peraturan untuk mewujudkan iklim usaha yang kondusif antara lain : reformasi birokrasi pemisahan Disperindag dengan Diskop UKM, Pembentukan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) serta perluasan kewenangannya.  Pembentukan Klinik HKI, dimana Gianyar sebagai kabupaten pertama di Indonesia yang memiliki Klinik HKI, penghapusan retribusi perijinan bidang industri dan perdagangan sesuai amanat UU No. 28 Tahun 2009, Kebijakan Program Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Bidang Infrastruktur, kebijakan pengaturan tata ruang dengan 5 (lima) Zone Pengembangan  Wilayah (sistem cluster), pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan menuju sentra-sentra industri, penyediaan bahan baku dengan program penanaman pohon, bantuan permodalan, bantuan mesin/peralatan, bantuan promosi/pameran, penguatan struktur industri dengan membentuk cluster industri. Bidang SDM dengan program-program diklat ketrampilan dan manajemen, pemberdayaan Celuk Desain Centre (CDC) sebagai pengembangan desain kerajinan perak, fasilitasi berbagai lomba desain tingkat lokal dan nasional untuk merangsang kreatifitas.

Dari program-program tersebut diperoleh capaian secara makro ekonomi : peningkatan kontribusi sektor industri terhadap PDRB Gianyar, bahkan tahun 2009 mampu menjadikan penyumbang terbesar kedua setelah sektor perdagangan hotel dan restauran. Periode tahun 2008-2010 mampu meningkatkan nilai ekspor dari USD $ 30,76 juta menjadi USD$ 47,94.

Disamping penghargaan Upakarti dalam waktu bersamaan juga diperoleh penghargaan Tingkat Nasional lain yaitu Kreasi Prima Mutu atas nama UD. Putri Ayu (Ida Bagus Adnyana) yang juga diserahkan langsung oleh Presiden RI. UD Putri Ayu secara konsisten menjaga kualitas produk dengan menerapkan Gugus Kendali Mutu (GKM). UD. Putri Ayu telah 2 (dua) kali mengikuti Konvensi GKM tingkat Provinsi tahun 2006 dan 2007, bahkan tahun 2007 mewakili Provinsi Bali dalam Konvensi GKM Tingkat Nasional di Padang, Sumatera Barat.

Penghargaan yang diraih  Bupati Gianyar setelah melawati 3 (tahap) seleksi yang diikuti oleh 74 Bupati/Walikota seluruh Indonesia. Tahap pertama seleksi administrasi meloloskan 15 calon, kemudian  tahap kedua Tim Seleksi Pusat mengadakan peninjauan lapangan (fact finding) ke masing-masing daerah untuk meneliti kebenaran dokumen yang disampaikan. Tahap ketiga, masing-masing calon yang lolos seleksi diundang untuk presentasi dihadapan Tim Juri Independen, berlangsung di Hotel Sahid Jaya pada tanggal 2 Nopember 2011. Dari 15 calon yang lolos seleksi tahap I dan II, ditetapkan 7 pemenang, salah satunya adalah Bupati Gianyar, DR. Ir. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, M.Si. (Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .