16 December 2010

Gianyar Raih Penghargaan IGA 2010

Bupati Gianyar, Rabu (15/12) kembali menerima penghargaan tingkat nasional, Innovative Government Award 2010 dari Kemnterian Dalam Negeri. Kabupaten Gianyar dinilai memiliki inovasi yang tinggi dalam peningkatan daya saing daerah dengan pendekatan One Village One Product (OVOP).

Penghargaan IGA 2010 diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, kepada Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Dari 489 Kabupaten/Kota yang ada diseluruh Indonesia, setelah melalui seleksi ketat, ditentukan 30 Kabupaten/kota sebagai nominator. Dari hasil tersebut ditentukan satu kabupaten/kota sebagai penerima Anugerah IGA 2010 untuk masing-masing kategori. Dan Kabupaten Gianyar ditetapkan sebagai Penerima Anugerah IGA 2010 untuk kategori peningkatan daya saing daerah.

Penganugerahan IGA Award merupakan salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah pusat yang telah dilakukan sejak tahun 2007, terhadap pemerintah Kabupaten/kota di seluruh Indonesia, yang memiliki inovasi yang tinggi dalam kategori tata kelola pemerintah daerah, peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing daerah.

Bupati Gianyar memiliki inovasi menonjol dalam meingkatkan daya saing daerah, dimana strategi kebijakan pembangunan daerah, dipetraskan dengan mengangkat semua potensi pada tiap wilayah menjadi zone pengembangan wilayah, sesuai kesamaan karakter wilayah dan potensi sumber-sumber perekonomian yang ada di satu wilayah (One Village) untk menghasilkan unggulan wilayah, kelas global (One Product), atau One Village One Product (OVOP), dimana masing-masing zone ini dihubungkan untuk saling menopang, bersinergi dan bekerjasama membawa kemajuan menuju masyarakat Gianyar yang sejahtera dan berbudaya.

Langkah nyata yang telah dilakukan Bupati Gianyar, diantara pembentukan klinik HKI, penataan Balai Budaya Gianyar, pembukaan 150 ha lahan sawah baru di Payangan, menanam 5000 bibit klengkeng dan 7500 bibit Bambu Tabah di Desa Kerta Payangan, Gerakan pertanian organik di Subak Selat Payangan, pembangunan museum Philip Kotler di Ubud, pengembangan kawasan wisata “Surfing Golden Monkey” di Keramas, penyediaan Web Site Bisnis bagi UKM dan Pengembangan industri kreatif yang berlandaskan kearifan lokal.

Bupati Gianyar memaparkan bahwa penghargaan ini merupakan kerja keras dari seluruh masyarakat Gianyar yang dikenal sangat kreatif dan inovatif dalam meningkatkan daya saing daerah. Lebih lanjut melalui penghargaan ini diharapkan menjadi pemacu inovasi dan kreatifitas seluruh lapisan masyarakat, pemerintah dan swasta untuk membawa Gianyar ke arah yang lebih baik.(Humas Gianyar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .