04 June 2014

Gianyar Menuju Terwujudnya Permukiman Yang Sehat, Bersih, Bebas Sampah dan Air Limbah

Kabupaten Gianyar menjadi salah satu daerah wisata di Bali yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya mengandalkan kekayaan seni dan budaya, Kabupaten Gianyar juga memiliki keindahan alam sebagai daya tarik wisatawan. Guna mempertahankan dan meningkatkan kunjungan wisatawan hal yang penting mendapat perhatian adalah masalah kebersihan dan penghijauan wilayah Kabupaten Gianyar terutama masalah pengelolaan sampah. Hal ini terungkap saat Sosialisasi Bali Clean & Green oleh Yayasan Bali Wastu Lestari di Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar, (4/6).

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar Surya Adnyani Mahayastra yang dalam kesempatan tersebut membuka pembukaan sosialisasi mengatakan bahwa dalam upaya mendukung dan mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Gianyar yakni terwujudnya Gianyar BAGUS (Bersih, Alami, Giat, Berbudaya dan Sejahtera) menuju Jagatdhita maka TP-PKK Kabupaten Gianyar bekerjasama dengan dinas terkait melaksanakan beberapa kegiatan untuk meningkatkan kebersihan dan penghijauan di Kabupaten Gianyar. Diantaranya pembinaan ke desa desa serta melaksanakan lomba terkait kebersihan, melaksanakan perempuan dan pelihara pohon yang dilaksanakan seluruh pegawai dan ibu ibu PKK seluruh Kabupaten Gianyar serta kegiatan One Man One Tree. Guna mendukung Gianyar menuju terwujudnya permukiman yang sehat, bersih, bebas sampah dan air limbah, TP-PKK Kabupaten Ginayar sangat mengapresiasi terhadap pelaksanaan Sosialisasi Bali Clean & Green dengan materi Masalah Sanitasi dan Pengelolaan Sampah. Dalam sosialisasi Ketua Yayasan Bali Wastu Lestari Luh Riawati SE, Msi selaku penyaji materi mengatakan bahwa kondisi persampahan di Gianyar dimana telah banyak usaha dan kebijakan yang diambil pihak Pemkab namun belum signifikan menekan angka timbulan sampah karena kurangnya kesadaran semua pihak untuk bekerjasama dan berperan aktif menangani sampah. Untuk itu Bank sampah merupakan salah satu solusi manajemen sampah yang berperan mengajak masyarakat mengambil manfaat dari sampah.

Sementara dalam laporan tim sosialisasi Bali Clean & Green dari yayasan Bali Wastu yang dibacakan oleh Desak Putu Purnamasari mengatakan bahwa pelaksanaan secara umum sosialisasi ini bertujuan memberikan pembekalan dan meningkatkan pemahaman dan penerapan kelompok sasaran terhadap sanitasi baik di tingkat keluarga dan lingkungan masyarakat. Sosialisasi yang berlangsung sehari ini diikuti oleh 70 peserta dari perwakilan PT PKK Desa, serta seluruh SKPD yang terkait di lingkungan Pemkab Gianyar. Diharapkan melalui sosialisasi ini dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam upaya mewujudkan Bali Sebagai Propinsi yang hijau, melalui Program Bali Clean & Greean yang telah dicanangkan oleh Gubernur Bali sejak tahun 2010. (Humas/Netty)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .