07 April 2015

Gianyar Kabupaten Tersehat di Indonesia

Pembangunan bidang kesehatan sebagai satu program prioritas Kabupaten Gianyar, mampu menghantarkan Gianyar meraih posisi teratas dalam daftar Kabupaten/Kota Tersehat di Indonesia Tahun 2014. Hal ini berdasarkan hasil laporan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI 2014, tentang Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM).

Pada Tahun 2013, Kabupaten Gianyar berada pada peringkat ke-5 dan di Tahun 2014 berhasil menjadi kabupaten/kota tersehat menyisihkan 497 kabupaten/kota se-Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan, Ida Ayu Cahyani menjelaskan IPKM dibuat dari hasil analisis mendalam data Riset Kesehatan Daerah (Riskesda) 2013 dengan melibatkan sebanyak 300.000 rumah tangga dan 1.027.763 anggota rumah tangga di 497 kabupaten/kota di 33 provinsi.

Penilaian IPKM berdasarkan 30 indikator kesehatan yang terbagi atas 7 kelompok indikator  penilaian, yakni Kesehatan Balita (6 indikator), Kesehatan Reproduksi (3 indikator), Pelayanan Kesehatan (5 indikator), Perilaku Kesehatan (5 indikator), Penyakit Tidak menular (6 indikator), Penyakit Menular (3 indikator) dan Kesehatan Lingkungan (2 indikator). Kemudian penilaian dibagi lagi atas empat unsur diantaranya; besar dan luas masalah yang ada di masyarakat, dampak terhadap status kesehatan, kecepatan penanganan serta masalah kesehatan yang tak bisa diselesaikan. Berdasarkan penilaian tersebut, Kabupaten Gianyar memperoleh nilai 0,7352 atau posisi teratas penelitian. Kota Denpasar memperoleh nilai 0,6992, Kota Kediri memperoleh nilai 0,6884 dan Kabupaten Tabanan dengan nilai 0,6826.

Lebih lanjut Dayu Cahyani menjelaskan penilaian tertinggi yang diperoleh Kabupaten Gianyar adalah pada kelompok indikator Penyakit menular sebesar 0,8768. Seperti yang telah diketahui penanggulangan penyakit menular seperti HIV/AIDS dengan inovasi “One Stop Service” pelayanan penyakit HIV/AIDS di Puskesmas Ubud II telah bersaing dalam ajang United Nation Public Service Award (UNPSA) yang diselenggarakan United Nation Public Administration Programme (UNPAP) yang berbasis di New York

Bupati Gianyar, Anak Agung Gde Agung Bharata mengatakan keberhasilan Kabupaten Gianyar menjadi Kabupaten/Kota Tersehat di Indonesia merupakan keberhasilan seluruh masyarakat Gianyar. Dan sekaligus menjadi kado spesial perayaan ulang tahun Gianyar ke-244, yang jatuh pada tanggal 19 April 2015.

Namun kita tidak perlu berbangga hati secara berlebih yang terpenting adalah bagaimana kedepannya Kabupaten Gianyar bisa menyelesaikan masalah-masalah kesehatan lainnya, seperti penanggulangan demam berdarah dan terpenting adalah meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat Gianyar untuk berperilaku hidup sehat.

Agung Bharata menambahkan, apa yang dihasilkan oleh pemerintah Kabupaten Gianyar bersama dengan masyarakat yang tertera dalam IPKM, tentunya menjadi komponen penting untuk menjadi acuan dan pertimbangan dalam penyusunan prioritas pembangunan kesehatan khususnya di Kabupaten Gianyar.

Adapun peringkat selanjutnya diperoleh Denpasar (Bali), Kediri, Tabanan (Bali), Pekan Baru, Madiun, Salatiga, Bulit Tinggi, Badung (Bali) dan Magelang. (Humas Gianyar/nisa)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .