11 April 2016

Gianyar Gencar Gerakan PSN

Aksi pemberantasan sarang nyamuk (PSN) kembali digencarkan seiring masih berlanjutnya serangan demam berdarah (db) di Kabupaten Gianyar. Seperti yang dilaksanakan oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Gianyar ,(11/4). Pada pukul 07.00 WITA PPNI Gianyar memulai aksinya dengan mengambil start mulai dari Lapangan Astina Gianyar menuju Desa Tegal Tugu Gianyar. Pada kegiatan ini hadir juga Sekda Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra didampingi istri sekaligus Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP KB) Kabupaten Gianyar dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Gianyar, dr. Wayan Sudiarsana.

Ketua PPNI Gianyar, I Made Suja, SH.,S.Kep.,Ners menjelaskan melalui langkah PSN diharapkan mampu untuk menekan kasus DBD yang terjadi di Gianyar. Dari hasil pemantauan serta data yang diperoleh melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, akhir-akhir ini Kabupaten Gianyar dihadapi dengan kasus DBD yang cukup meresahkan masyarakat Gianyar.  Hampir setiap hari Rumah Sakit yang ada di Gianyar mendapatkan pasien demam berdarah (DBD).

“Aksi PSN merupakan bentuk wujud nyata untuk mewujudkan desa bebas jentik.  Apalagi akhir-akhir ini sangat banyak kasus DBD di Gianyar. Kita harus waspada, jangan sampai kasus DBD sampai meningkat” jelas Made Suja.

Lebih lanjut, Made Suja sangat berharap adanya kerjasama dari masyarakat sekitar dengan cara melakukan kegiatan pembersihan pada area-area yang rawan menimbulkan jentik nyamuk. Seperti halnya pada kamar mandi, dapur serta lingkungan sekitar rumah.

“kepada masyarakat, apabila ditemukan jentik nyamuk harap segera melaporkan kepada kepala desa setempat dan nanti dilanjutkan ke puskesmas-puskesmas terdekat,” harap Made Suja.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilaksanakan PPNI Gianyar.  Ia berharap kegiatan ini tidak sampai disini saja melainkan dapat terus berlanjut kedepannya guna menghidari masyarakat Gianyar dari penyakit DBD.

“Ini bentuk kegiatan yang sangat positif, saat ini Gianyar sangat rawan terjadi DBD. Kita harus selalu waspada dan DBD harus kita cegah bersama, “ ucap Sekda Gus Gaga.

Maraknya kasus DBD di Gianyar, kata Gus Gaga, cenderung disebabkan oleh lingkungan yang kotor, untuk itu, Gus Gaga menghimbau kepada seluruh masyarakat di Gianyar agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Mulai dari selokan di sekitar rumah, kamar mandi, dapur serta area-area yang mudah tergenang air.

“Mayarakat harus Proaktif melakukan PSN. Mari kita bersama-sama memerangi DBD. Jangan sampai ini menjadi ancaman terus menerus bagi masyarakat Gianyar. Setidaknya dengan menjaga kebersihan yang dimulai dari lingkungan rumah terlebih dahulu” ajak Gus Gaga.

Pada kegiatan itu, para petugas dari PPNI langsung terjun mendatangi rumah warga di Desa Tegal Tugu Gianyar. Petugas tersebut kemudian mengecek tempat-tempat yang rawan ada genangan air. Mulai dari dapur, kamar mandi serta lingkungan di sekitarnya semua dicek secara seksama, apakah ada jentik nyamuk penyebar DB atau tidak. (Humas Gianyar/Oscar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .