24 February 2015

Gianyar Diundang Meriahkan Festival Purwakarta

Kehidupan di Bali tak bisa dilepaskan  dari unsur seni, budaya dan keagamaan, yang menghasilkan suatu kehormanisan dalam tatanan kehidupan. Aktifitas seni hampir merata di seluruh desa yang ada di Bali, hal inilah yang menjadi daya tarik Bali di tingkat nasional maupun internasional. Hal ini disampaikan Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Dedi Mulyadi, SH saat berkunjung ke Kabupaten Gianyar , (23/2).

Bupati Purwakarta Dedi Mulayadi diterima langsung oleh Bupati Gianyar A.A Gde Agung Bharata didampingi Kadis Pariwisata A.A. Ari Brahmantha di ruang kerjanya. Menurut Bupati Dedi Mulyadi, Kedatangan rombongan dari Purwakarta ini adalah berkeinginan mengundang Pemkab. Gianyar untuk turut berpartisipasi dalam event seni “ Peuting Panineungan Purwakarta Festival” pada 4 Maret mendatang. Festival ini hampir mirip dengan car free night dikawasan pusat kota. Menurut Dedi, ajang itu mampu menarik perhatian wisawatan lokal dari kota-kota sekitar Purwakarta. Biasanya pada peuting panieungan kami juga tampilkan rata-rata 10 panggung seni di area seluas 5 kilometer.

Ditambahkan, Kabupaten Gianyar sudah tersohor ditanah air sebagai kabupaten bernafaskan seni dan budaya. Semua aspek kehidupan berlandasankan agama, seni maupun budaya. Tempat-tempat obyek wisata, seperti Daerah Ubud sudah menjadi tujuan wisata dunia. Hal ini yang membuat,Pemkab. Purwakarta tertarik mengundang Gianyar turut berpartisipasi mengenalkan seni dan budaya Gianyar di Purwakarta.

Dalam festival itu nanti, Kabupaten Gianyar diminta turun berpartisipasi dengan mengirim kontigen seni, agar masyarakat Purwakarta lebih mengenal secara dekat seni budaya maupun agama yang ada di Gianyar.

“Kami sudah menyiapkan panggung khusus bagi Kabupaten Gianyar dalam festival nanti,” papar Bupati Dedi Mulyadi.

Sementara itu Bupati Gianyar A.A Gde Agung Bharata menyambut baik kedatangan rombongan Purwakarta ini. Apalagi kedatangan mereka adalah berkeinginan kerjasama di bidang seni dan budaya lewat event Budaya Peuting Panineungan Purwakarta Festival. Untuk urusan seni budaya menurut Bupati Agung Bharata, Kabupaten Gianyar gudangnya. Malah julukan dari Kabupaten ini adalah sebun seni atau sarangnya seni. Semua jenis kesenian ada di Gianyar, seperti tari, lukis maupun patung, malah tidak sedikit maestro seni lahir di Bumi Gianyar.Untuk festival nanti, Pemkab. Gianyar berjanji turut berperan serta. Karena ini juga penting sebagai promosi seni dan budaya di daerah lain.

 “ Untuk di Gianyar sendiri kami pada bulan April nanti bertepatan dengan HUT Kota Gianyar, juga akan menyelenggarakan berbagai event atau pentas seni yang bersifat kolosal. Kami harapkan Kabupaten Purwakarta juga bisa turut mengambil bagian,” jelas Bupati Agung Bharata.

Sebagai bentuk apresiasi Pemkab. Gianyar atas undangan dari Purwakarta ini, Bupati Agung Bharata langsung membuatkan peserta rombongan sejenis ikat kepala atau iket  yang di Bali lebih dikenal dengan sebutan destar atau udeng. Untuk warna iket, bupati menawarkan pilihan warna-warna destar khas Bali yaitu warna hitam, putih dan poleng. (Humas Gianyar/Eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .