23 July 2015

Gianyar Deklarasikan Kabupaten Kompeten

Untuk meningkatkan kualitas dan daya saing tenaga kerja, Kabupaten Gianyar deklarasikan diri sebagai “Kabupaten Gianyar  Kompeten”.  Deklarasi ini mewajibkan para pencari kerja dan pekerja pariwisata memiliki sertifikasi profesi,  karena pemegang sertifikat  kompetensi  akan mudah  bersaing di dunia pariwisata  baik dalam maupun luar negeri, bahkan dengan tenaga kerja asing.  Deklarasi dilaksanakan di Balai Budaya, Gianyar, (21/7).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Gianyar, Drs. Gede Widarma Suharta, MM dalam laporannya mengatakan, sertifikasi profesi untuk menerangkan  bahwa  seseorang telah  menguasai kompetensi kerja  tertentu sesuai dengan  Standar Kompetensi Kerja  Nasional Indonesia (SKKNI)   bidang pariwisata, standar  internasional dan atau  standar khusus. Sehingga tidak kalah bersaing dengan tenaga kerja asing khususnya.

Dikatakan, sampai akhir tahun 2014, jumlah tenaga kerja pariwisata  tersertifikasi sekitar 1.116 orang pekerja atau 13 persen dari sekitar 8.588 orang.

“Dengan demikian masih ada sekitar 7.472 orang pekerja pariwisata yang belum tersertifikasi, belum termasuk pencari kerja di bidang pariwisata,” kata Gede Widarma.

Untuk itu  target sasaran pengembangan kompetensi dan sertifikasi profesi sampai tahun 2018, sebanyak 35.883 orang, dengan perincian, pencari kerja lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di bidang pariwisata sebanyak 19.103 orang, lulusan Lembaga Pelatihan Kerja di bidang pariwisata sebanyak 8.600 dan karyawan usaha pariwisata sebanyak 8.180 orang.

Berdasarkan hasil Survey Angkatan Kerja Nasional 2014 jumlah angkatan kerja di Gianyar sebanyak 272.179 orang, terdiri dari penduduk bekerja 266.288 orang, pengangguran 5.891 orang (1,16%), dengan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) sebesar 73,00%.

Sementara Bupati Gianyar dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II  I Ketut Suweta, pengembangan kompetensi dan sertifikasi profesi merupakan solusi dalam meningkatkan produktivitas tenaga kerja dengan  memberikan pengakuan tehadap kompetensi yang dimiliki tenaga kerja sehingga menjadi kunci utama memenangkan persaingan.

Apalagi seiring perkembangan usaha pariwisata, tidak bisa dihindari bahwa tenaga kerja asing  memiliki peluang yang sangat besar untuk mengisi jabatan di perusahaan pariwisata. Jika tidak siap mengantisipasi banyak tenaga kerja Gianyat terpaksa hanya  menjadi penonton ditengah gemerlapnya kepariwisataan Gianyar.

Dikatakan, rintisan menuju “Kabupaten Gianyar Kompeten” sudah dimulai tahun 2014, diawali dengan mengeluarkan surat edaran kepada pengusaha pariwisata tentang kewajiban sertifikasi bagi karyawannya dan diperkuat dengan Peraturan Bupati tentang Sertifikasi Kompetensi Pencari Kerja di bidang pariwisata dan karyawan hotel. Selain itu melaksanakan sosialisasi dan uji kompetensi

Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Sumarna F. Abdurrahman yang hadir pada kesempatan itu mengapresiasi kepada Pemkab. Gianyar atas inisiatif pendeklarasian Kabupaten Gianyar Kompeten.

“Ini merupakan bentuk keberpihakan, kepedulian dan dukungan terhadap berbagai upaya pengembangan kompetensi dan sertifikasi profesi bagi tenaga kerja,” kata Sumarna.

Menurut Sumarna, deklarasi ini merupakan tonggak sejarah baru dalam pengembangan kompetensi dan sertifikasi profesi di Indonesia, karena deklarasi ini merupakan yang pertama di Indonesia.

“Saya harap agar deklarasi ini ditindaklanjuti dengan langkah-langkah yang lebih teknis untuk mengimplementasikan pengembangan kompetensi dan sertifikasi profesi bagi tenaga kerja di Kabupaten Gianyar,” kata Sumarna.

Deklarasi ditandai pembacaan dan penandatanganan komitmen dan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama antara Bupati Gianyar dengan ketua BNSP tentang pengembangan dan percepatan program sertifikasi kompetensi dalam rangka program Kabupaten Gianyar Kompeten, serta penyerahan secara simbolis Sertifikat Kompetensi Kualifikasi ASEAN oleh ketua BNSP kepada siswa Lembaga Pelatihan kerja LP2B Gianyar.

Deklarasi diikuti  500 orang berasal dari unsur BNSP, Kementerian Pariwisata, Kementerian Ketenagakerjaan, Pemerintah Provinsi Bali, Pemkab. Gianyar, Lembaga Pelatihan Kerja, Lembaga Pendidikan Vokasi, Lembaga Sertifikasi Profesi, Lembaga Sertifikasi Usaha, pengusaha pariwisata, pencari kerja dan calon peserta uji kompetensi. Hadir pula seluruh pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab. Gianyar. (Humas Gianyar/NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .