18 March 2016

Gianyar Canangkan Sensus Ekonomi 2016

Kegiatan Sensus Ekonomi Tahun 2016 di Gianyar akan diselenggarakan pada tanggal 1-31 Mei 2016. Persiapan menyambut Sensus Ekonomi 2016 sudah mulai dilaksanakan pada bulan Desember 2015 lalu. Demikian yang disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Gianyar, Ir. Ni Putu Minarni., MMA pada acara sosialisasi Kampanye Publisitas Sensus Ekonomi 2016, (17/3), di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar. Kegiatan Sosialisasi Kampanye Publisitas Sensus Ekonomi 2016 di hadiri oleh Wakil Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, Kepala SKPD Pemerintah Kab. Gianyar, Camat se-Kabupaten Gianyar beserta Lurah/Perbekel se-Kabupaten Gianyar.

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Gianyar, Ir. Ni Putu Minarni., MMA melaporkan, Kegiatan Sensus Ekonomi ini dilakukan yang nantinya akan menghasilkan data dasar seluruh kegiatan ekonomi sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan. Kegiatan pendataan lengkap pada tahun 2016 (Listing SE 2016), diawali dengan kegiatan pendaftaran bangunan dan usaha/perusahaan yang berada di dalam bangunan tersebut.

“Terlebih dahulu kita ingin memperoleh data dasar dari unit usaha/perusahaan yang bergerak di berbagai aktivitas usaha kecuali, usaha pertanian yang diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia, dimana setiap kelurahan/desa (sebagai wilayah terkecil) diklasifikasikan menurut tipilogi perkotaan dan perdesaan” jelas Putu Minarni.

Untuk Kabupaten Gianyar, petugas listing Sensus Ekonomi 2016 berjumlah 726 Petugas dengan 543 Petugas Pendataan Lapangan dan 183 Petugas Pemeriksa dan Pengawas Lapangan yang nantinya akan tersebar di 70 Desa di 7 Kecamatan di Kabupaten Gianyar, dimana yang akan menjadi responden dalam Sensus Ekonomi 2016 adalah semua pelaku usaha yang meliputi, perusahaan, pemerintah, rumah tangga dan lembaga non profit.

Menurut Putu Minarni, hasil dari pendataan Sensus Ekonomi 2016 di Kabupaten Gianyar ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha, pemerintah/kementrian dan lembaga, peneliti dan masyarakat untuk mengetahui gambaran keadaan kegiatan perekonomian Kabupaten Gianyar.

“Setiap kegiatan terkait pendataan Sensus Ekonomi 2016, saya mengharapkan semua SKPD, para camat, lurah dan perbekel dapat sama-sama menyukseskan kegiatan ini  sehingga dapat menghasilkan data yang valid dan akurat, memberikan gambaran yang sesuai tentang keadaan kegiatan perekenomian Kabupaten Gianyar” jelas Ni Putu Minarni.

Wakil Bupati Gianyar, I Made Mahayastra menyambut baik kegiatan sosialisasi ini, ia menilai banyak manfaat yang dapat diperoleh dari Sensus Ekonomi 2016,  hasil yang diperoleh akan bermanfaat bagi dunia usaha, sebagai dasar perencanaan pengembangan usaha, penentuan bangsa pasar, potensi pasar, jumlah usaha sejenis, dan skala usaha. Selain itu, bagi pemerintah Sensus Ekonomi bermanfaat sebagai dasar perencanaan ekonomi, mengetahui potensi ekonomi, peta penyebaran usaha tiap sektor usaha, penyerapan tenaga kerja, dan sebagai nilai tambah. 

“Nantinya ini akan menghasilkan data dasar, seluruh kegiatan ekonomi sebagai landasan penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan” ucap mantan Ketua DPRD Kabupaten Gianyar ini.

Ditambahkannya, Agus sapaan akrab Wakil Bupati Gianyar menghimbau seluruh lapisan masyarakat agar senantiasa memaknai Kegiatan Sensus Ekonomi 2016, ini berkaitan dengan arus globalisasi tanpa batas, dan ditengah keberadaan pada Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Selain itu, ia mengajak semua pihak, agar mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016.

”Membangun data itu mahal dan sulit, tetapi jauh lebih mahal dan sulit, membangun tanpa data, dan siapa menguasai informasi atau data akan menguasai dunia”. (Humas Gianyar/Oscar)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .