01 June 2010

GEMPITA GIANYAR 2010 Festival Budaya dan Fashion Terbesar di Gianyar Kembali Digelar di Ubud

Setelah sukses dengan pelaksanaannya di tahun 2007 dan 2008, GEMPITA GIANYAR kembali digelar tahun ini pada tanggal 2-3 Juli 2010 di Ubud, Penyelenggaraan GEMPITA GIANYAR tahun ini sekaligus sebagai sebuah semangat perayaan atas terpillihnya Ubud sebagai  “The Best City in Asia” tahun ini oleh Conde Nast, sebuah media pariwisata bergengsi di Amerika.  Festival seni dan budaya yang rencananya akan menjadi ajang budaya tahunan terbesar di Gianyar ini akan mempersembahkan rangkaian acara kesenian, kebudayaan dan fashion dengan partisipasi masyarakat Gianyar seluas-luasnya. GEMPITA GIANYAR tahun ini akan menyajikan sebuah festival dengan empat acara utama:

1.   Pagelaran TRI HITA KARANA – Pagelaran utama GEMPITA GIANYAR tahun ini dipersembahkan dalam konsep pertunjukan kolaborasi tari dan musik Bali di atas panggung terbuka di Lapangan Astina Ubud. Mengambil tajuk TRI HITA KARANA, yang menampilkan pemaknaan harmonisasi hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam, serta manusia dengan sesamanya, pagelaran ini akan membuka festival GEMPITA GIANYAR. Musisi kawakan dan gitaris band kondang GIGI Dewa Budjana akan tampil sebagai music director, berkolaborasi dengan penyanyi remaja Gita Gutawa, Ayu Laksmi, maestro tari bali Ketut Rina dan Oka Dalam, Jay Subyakto sebagai art director, dan didukung oleh lebih dari 150 penampil dari Gianyar. Pagelaran TRI HITA KARANA akan diselenggarakan pada tanggal 2 Juli 2010 pukul 21:00 WITA.

2.  Parade UBUD STREET BASH – Parade UBUD STREET BASH merupakan sebuah karnaval budaya dan fashion jalanan yang pertama kalinya diselenggarakan di jalan utama Ubud. Diperkirakan lebih dari 1000 orang akan berpartisipasi  dalam parade, diantaranya penampilan parade Ogoh-Ogoh oleh tujuh kecamatan di Gianyar,  parade dari peserta Ubud Festival, dan fashion show oleh lebih dari 25 disainer yang akan menggelar koleksi tenun Bali terbaik bernuansa resort wear. Para disainer kondang yang akan berpartisipasi adalah: Chossy Latu, Denny Wirawan, Deden Siswanto, Ivan Gunawan, Era Soekamto, Barli Asmara, Syahreza Muslim, Ali Charisma, Ari Seputra, Ade Sagi, Danny Satriadi, Oscar Lawalata, Angelica Wu, Dina Midiani, Dwi Iskandar, Enny Ming, Lenny Agustin, Malik Moestam, Monika Weber, Yenli Wijaya, Oka Diputra, Putu Aliki, Sofie, Tude Togog, Tjok Abi, Taruna K Kusmayadi dan Thomas Sigar. UBUD STREET BASH ditargetkan menjadi sebuah “Pesta Tenun terbesar di Indonesia Timur” yang pernah diselenggarakan dengan mobilisasi masyarakat Gianyar sebanyak-banyaknya. Parade ini akan diselenggarakan pada tanggal 3 Juli 2010 pukul 16:00 WITA, mengambil rute parade dari Puri Ubud dan berakhir di lapangan Astina Ubud.

3.  PELIATAN ROYAL HERITAGE DINNER – Sebagai acara penutup, GEMPITA GIANYAR akan menyelenggarakan sebuah program khusus bagi tamu-tamu penting dan pendukung GEMPITA GIANYAR, yaitu jamuan makan malam bertajuk PELIATAN ROYAL HERITAGE DINNER. Jamuan makan malam ini dipersembahkan dengan format khas dan otentik tradisional kerajaan Bali, sebagai sebuah ekspresi dari misi GEMPITA GIANYAR dalam upaya mengapresiasi dan melestarikan warisan tradisi kerajaan Gianyar. Pada jamuan makan malam ini, akan ditampilkan pertunjukan tari klasik India persembahan dari Kedutaan Besar India, disandingkan dengan persembahan tari klasik Bali oleh maestro-maestro Peliatan, sebagai sebuah kilasan persaudaraan antara asal-usul seni tradisional Bali dan India klasik.  Jamuan makan malam ini akan diadakan di Puri Peliatan pada tanggal 3 Juli 2010 pada pukul 19:30 WITA, dan akan dihadiri pula oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Gianyar, petinggi pemerintah daerah-daerah lain di Bali dan provinsi lain, beberapa pejabat pemerintah pusat terkait, pimpinan industri pariwisata Bali, undangan dan perwakilan media massa.

4. YOUTH ART CAMP – Sebagai wujud perhatian GEMPITA GIANYAR pada pentingnya regenerasi dalam misi pelestarian budaya, tahun ini untuk pertama kalinya GEMPITA GIANYAR melibatkan remaja sekolah dalam sebuah kegiatan bernama YOUTH ART CAMP.  Program ini merupakan sebuah summer camp selama 5 hari, diikuti oleh remaja usia 15-20 tahun yang memiliki minat untuk mempelajari seni, budaya dan tradisi Bali. Di akhir program, peserta akan turut tampil pada pagelaran TRI HITA KARANA. Program YOUTH ART CAMP akan berlangsung pada tanggal 30 Juni s/d 4 Juli 2010.

GEMPITA GIANYAR kali ini diselenggarakan dengan kerja sama penuh antara Sekar Saji Nusantara, sebuah lembaga nirlaba yang telah belasan tahun berkiprah dalam upaya pelestarian keajegan seni dan budaya tradisional nusantara, dan Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .