11 August 2015

Gelorakan Semangat Nasionalisme, Disdikpora Kab. Gianyar Gelar Lomba Paduan Suara

Semarak peringatan HUT Proklamasi di Kabupaten Gianyar dirayakan dengan menggelar berbagai perlombaan. Mulai dari perlombaan antar SKPD hingga yang melibatkan anak - anak pelajar. Seperti perlombaan Paduan Suara Tingkat SD dan SMP yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Gianyar di Balai Budaya Gianyar, (11/8). Untuk tingkat SMA/SMK akan dilaksanakan besok, (12/8).

Sekretaris Disdikpora, Dewa Putu Yadnya mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya untuk mensosialisasikan lagu - lagu perjuangan dan lagu - lagu pop daerah yang semakin pudar, karena terimbas oleh pesatnya perkembangan media audio visual khususnya lagu - lagu populer saat ini. Selain itu, melalui lomba ini juga diharapkan mampu menumbuhkan rasa nasionalisme lewat interpretasi lagu - lagu perjuangan dan lagu pop daerah.

"Peserta nantinya diharapkan mampu mengimplementasikan makna dari lagu yang dibawakan dalam kehidupan sehari - hari, baik dimasyarakat maupun lingkungan sekolah," terang Dewa Putu Yadnya.

Dewa Putu Yadnya menambahkan, perlomba bersifat satu babak dan diikuti oleh tingkat SD 7 group, SMP 18 group, SMA/SMK 14 group dimana untuk masing - masing group terdiri dari 19 - 25 orang. Sementara untuk materi lagu yang dibawakan yakni, lagu wajib Dirgahayu Indonesiaku, sedang untuk lagu pilihan untuk tingkat SD,  Putri Cening Ayu, Ajeg Bali; tingkat SMP, Medokaran dan Janger; Tingkat SMA/SMK, Bungan Sandat dan Galang Bulan.

"Penyerahan hadiah kepada juara 1 akan dilaksanakan pada apel peringatan HUT Proklamasi di Lapangan Astina," tambah Dewa Putu Yadnya.

Salah satu peserta, Sang Ayu Made Puspita Dewi dari SMP  Negeri 1 Payangan mengatakan ini untuk kedua kalinya mengikuti perlombaan paduan suara. Tahun lalu di ajang yang sama, group paduan suara sekolahnya juga turut ambil bagian. Selain merupakan kegiatan ektrakurikuler di sekolahnya, olah vokal merupakan kegemarannya. Dengan dilaksanakannya lomba paduan suara ini, menjadi wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan kreatifitas dalam bidang olah vocal paduan suara. Selain itu juga untuk melatih kerjasama yang terpadu diantara anggota group.

"Dengan adanya lomba ini, hobi saya bisa tersalurkan. Apa yang saya dapat di sekolah bisa saya tampilkan disini," terang Sang Ayu. (Humas Gianyar/Set)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .