03 May 2016

Gebyar Paud 2016, Diisi Dengan Pengukuhan Bunda Paud dan Aneka Lomba

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, di Kabupaten Gianyar telah dikukuhkan Bunda Paud  (pendidikan anak usia dini) tingkat kecamatan, desa dan kelurahan. Para Bunda Paud ini dikukuhkan oleh Bunda Paud kabupaten, Ny. Surya Adnyani Mahayastra bertepatan dengan Gebyar Paud 2016, di Balai Budaya Gianyar, (2/5). 

Bunda Paud adalah predikat yang diberiakn kepada istri kepala pemerintahan  seperti presiden, gubernur, bupati/walikota, camat, kepala desa/ keluarahan atas peran sertanya dalam mengembangkan program paud di wilayahnya. Ny Adnyani Mahayastra mengatakan tugas sebagai Bunda Paud sangatlah mulia bersifat sukarela yang dilandasi dengan rasa sayang dan cinta kasih. Seorang Bunda Paud harus mampu menjadi lokomotif untuk mendorong segenap eleman masyarakat, agar mampu memberikan pendidikan bagi anak-anak di usia dini.

Sedangkan paud atau pendidikan usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan  perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.  Tahun 2016 ini  di Kabupaten Gianyar telah terbentuk 242 lembaga paud antara lain 154 lembaga taman kanak-kanak, 82 kelompok bermain (KB), dan tempat penitipan anak (TPA) sebanyak 6 buah. 

“ Sebagai Bunda Paud, kita harus mampu mengandeng para orang tua dan elemen masyarakat, mengingat anak usia dini merupakan masa keemasan, namun juga periode kritis dalam tahap pengembangan manusia,” kata Ny. Adnyani Mahayastra.

Sedangkan untuk Gebyar Paud tahun 2016, seperti dijelaskan oleh ketua panitia gebyar paud, Kabid Formal dan Informal Disdikpora Kabupaten Gianyar, I Ketut Adi Sandiana, gebayar akan berlangsung selama 3 hari (2- 4 Mei). Selama gebyar berlangsung akan diselenggarakan berbagai macam perlombaan, untuk peserta didik anak mengikuti lomba gerak dan lagu, lari kelereng hingga puzzle. Untuk para guru atau tenaga pendidik juga akan dilombakan  finger painting, mendongeng, membuat APE, lomba mengambar. Lomba kali ini juga melibatkan para orang tua murid, salah satunya adalah lomba mengambar bersama orang tua. Menurut Ketut Sandiana, lomba ini sangat penting untuk membangun komunikasi dan kerjasama antara anak dengan orang tua. Lomba diikuti oleh perwakilan TK dan KB se-Kabupaten Gianyar.

Melalui lomba gebyar paud ini diharapkan dapat terjalin kreatifitas dan aktivitas tenaga pendidik dan peserta didik, agar tercipta kualitas SDM paud yang berkualitas. Hadir pada Gebyar Paud dan pengukuhan Bunda Paud , KetuaDPC GOPTKI Kabupaten Gianyar, Ny. Ambari Gaga Adi Saputra, Ketua HIMPAUDI Kabupaten Gianyar, serta para guru TK/PAUD se-Kabupaten Gianyar. (Humas Gianyar/eni)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .