08 August 2014

Gandeng PMI, DPRD Gianyar Gelar Donor Darah

Serangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-69, jajaran DPRD Kabupaten Gianyar menggelar kegiatan sosial donor darah yang berlangsung di Kantor DPRD Kabupaten Gianyar,  (8/8). Kegiatan bekerja sama dengan PMI ini diikuti anggota DPRD, pegawai instansi pemerintahan, KONI, Ormas dan partisipasi masyarakat lainnya.

Kegiatan sosial ini cukup mendapat antusias para pendonor. Terbukti, ruangan lantai 1 gedung DPRD tersebut penuh oleh pendonor yang menunggu giliran untuk menyumbangkan darah mereka. Hasilnya, selama 1 hari kegiatan tersebut telah terkumpul puluhan kantong terdiri dari golongan darah O, A, B dan AB.

Relawan PMI Gianyar, Nyoman Arjawa, mengatakan, kegiatan donor darah yang dirangkai HUT Kemerdekaan RI sebagai wujud kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan darah. Kegiatan ini memang diharapkan inisiatif instansi pemerintahan, swasta dan masyarakat sehingga kebutuhan darah bisa terpenuhi.

“Kebutuhan darah 35 – 40 kantong per hari di Gianyar, sedangkan selama ini hanya mampu terpenuhi 20 kantong per hari,” jelasnya. Untuk itu diperlukan kegiatan donor darah secara rutin minimal setiap 3 bulan sekali, sehingga kekurangan per harinya bisa terpenuhi. Biodata para pendonor lengkap dengan golongan darah juga dicatat agar ke depan bisa dihubungi tatkala memerlukan darag lagi.

Dijelaskan, selain berguna bagi orang lain yang membutuhkan, donor darah memiliki banyak manfaat untuk diri pendonor sendiri. Pendonor mengetahui secara pasti tipe golongan darah dan  secara tidak langsung melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh. Bagi pendonor reguler, di mana mereka mendonorkan darah dalam jangka waktu tiga bulan sekali, itu berarti pemeriksaan kesehatan menjadi rutin, yang dilakukan meliputi tekanan darah, nadi, suhu tubuh, tinggi dan berat badan, hemoglobin, penyakit dalam, hingga hepatitis dan HIV. (Humas Gianyar /NGR WW)

Tentang


Pemerintah Kabupaten Gianyar, Ini adalah website resmi Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia.

Kontak Kami


info@gianyarkab.go.id

Jl. Ngurah Rai-Gianyar, Gianyar, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511


© 2024 TIM SPBE Kabupaten Gianyar .